Pengaruh Gerakan Literasi dan Bahan Ajar Sains dalam Model Pembelajaran IPA Terpadu

  • Irma Irma Universitas Trunojoyo, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitan ini untuk mengetahui beberapa pengaruh dan manfaat gerakan literasi dan bahan ajar sains dalam model pembelajaran IPA terpadu. Studi kasus ini dilakukan di UPTD SDN Mlajah 2 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan  metode eksperimen dengan desain nonequivalent kontrol group, yang menggunakan satu kelas kontrol dengan pembelajara konvensional dan satu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran IPA terpadu. Berdasarkan hasi analisis data, diperoleh rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 78,13 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 57,39. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan rumus polled varian, yang diperoleh t hitung sebesar 8,5 dan t tabel ((α = 5% dan dk = 35 + 36 -2 = 69) sebesar 1,997. Karena t hitung (8,5) > t tabel (1,9967), dengan demikian maka Ha diterima. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis tentang tingkat pengaruhpenggunaanmodel pembelajaran berbasis masalah pada penelitian ini, diperoleh ES = 1,94dengan kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 13, 2023
How to Cite
IRMA, Irma. Pengaruh Gerakan Literasi dan Bahan Ajar Sains dalam Model Pembelajaran IPA Terpadu. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 29, n. 1, p. 50-54, feb. 2023. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/5024>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v29i1.5024.