Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website (Microsoft Sway) pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya untuk Siswa Sekolah Dasar

  • Nurma Fitri Handayani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wahid Ibnu Zaman
  • Kukuh Andri Aka

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan di SDIT Ulul Albab Sukorejo. Berdasarkan hasil observasi terhadap siswa kelas IV SDIT Ulul Albab Sukorejo, terdapat munculnya permasalahan dimana siswa tidak paham terhadap materi yang disampaikan oleh guru hal tersebut adapun penyebabnya dikarenakan saat proses pembelajaran guru tidak menggunakan media yang efektif atau yang mendukung untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Media pembelajaran semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman. Tetapi saat sekarang masih banyak guru yang mengembangan media tidak mengikuti perkembangan zaman dan kurang memanfaatkan teknologi sebagai penyampaian materi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE. Tujuan penelitian adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis website Microsoft Sway untuk siswa kelas IV materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya.


Hasil penelitian media pembelajaran menggunakan Microsoft Sway yang dikembangkan terkategori valid dengan persentase ahli media 81% dan ahli materi 85%. Media dikatakan praktis dengan memperoleh skor 87% dari angket respon guru dan media dikatakan efektif diperoleh dari hasil post test siswa dengan skor ketuntasan secara klasikal 94%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui penerapan pengembangan media Microsoft Sway pada siswa kelas IV SDIT Ulul Albab dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. (2) Hasil belajar siswa menjadi meningkat dengan adanya media Microsoft Sway. (3) Dengan adanya media Microsoft Sway siswa lebih memperhatikan guru saat penyampaian materi.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 20, 2022
How to Cite
FITRI HANDAYANI, Nurma; ZAMAN, Wahid Ibnu; AKA, Kukuh Andri. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website (Microsoft Sway) pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya untuk Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 28, n. 2, p. 131-141, sep. 2022. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4362>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4362.