PEMBERDAYAAN AMAL USAHA ’AISYIYAH MELALUI DIGITAL MARKETING SEKOLAH TK ABA PATUKAN YOGYAKARTA

  • Hasnah Rimiyati Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Edi Supriyono Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Risa Dwi Saputri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bermitra dengan Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Mitra sasaran adalah TK ABA PATUKAN beralamatkan di Jalan Sodanten, Ambarketawang. Tema pengabdian “Pemberdayaan Amal Usaha ‘Aisyiyah Melalui Pelatihan Digital Marketing Sekolah TK ABA Patukan”. Di era teknologi informasi sekolah TK ABA Patukan tidak ingin ketinggalan dalam pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi pada masyarakat. Namun, terdapat permasalahan pada ketidaksiapan sumber daya manusia, terbatasnya pengetahuan tentang pentingnya marketing sekolah, pemanfaatan digital marketing, serta perlu tambahan wawasan tentang manajemen keuangan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberi solusi atas permasalahan mitra sasaran dalam melakukan penguatan branding sekolah melalui marketing sekolah dengan menggunakan pemasaran digital. Pemasaran digital adalah suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet, sangat tepat untuk melakukan branding sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyampaian materi marketing sekolah, praktik langsung membuat akun channel Youtube sekolah, dan pendampingan. Hasil dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, yaitu: (1) peserta memperoleh tambahan wawasan tentang pentingnya marketing sekolah, termotivasi untuk mengkomunikasikan “visual identity” dan “value Identity” yang dimiliki sekolah, (2) peserta telah memiliki skill dalam pengoperasian peralatan digital untuk branding sekolah, (3) sekolah telah memiliki Youtube channel sehingga dapat menyampaikan kegiatan-kegiatan sekolah kepada masyarakat, dan (4) kepala sekolah dan para guru memperoleh wawasan mengenai pentingnya manajemen keuangan sekolah agar proses pendidikan berjalan baik dan optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 30, 2022
How to Cite
RIMIYATI, Hasnah; SUPRIYONO, Edi; SAPUTRI, Risa Dwi. PEMBERDAYAAN AMAL USAHA ’AISYIYAH MELALUI DIGITAL MARKETING SEKOLAH TK ABA PATUKAN YOGYAKARTA. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 410-421, nov. 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/4721>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i4.4721.
Section
Articles