PEMANFAATAN LAHAN DENGAN SISTEM AKUAPONIK TANAMAN SAWI DAN IKAN LELE SEBAGAI PELUANG BISNIS MASYARAKAT DESA DAHAN REJO, KEBOMAS GRESIK

  • Raden Achmad Djazuli Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Kebutuhan pangan di wilayah perkotaan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya pertumbuhan populasi penduduknya. Permasalahan pertumbuhan populasi di perkotaan selalu diikuti dengan pembangunan fasilitas perumahan. Pengembangan fasilitas perumahan memiliki dampak terhadap ketersedian lahan dan sumberdaya air untuk kegiatan budidaya ikan maupun pertanian. Teknologi akuaponik merupakan kombinasi teknologi akuakultur dan hiroponik dalam satu sistem untuk mengoptimalisasikan fungsi air dan ruang sebagai media pemeliharaan. Sistem akuaponik merupakan sistim yang menawarkan solusi yang berhubungan dengan pemanfaatan lahan sempit dan keterbatasan sumber daya air untuk kegiatan budidaya ikan dan tanaman. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, sistim akuaponik diperkenalkan kepada masyarakat di daerah Dahanrejo, dengan beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya pembuatan unit akuaponik, penyuluhan dan pelatihan yang diberikan kepada masyarakat tentang teknik dan unit akuaponik ini. Dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan diantaranya: survei lokasi, perancangan dan uji coba teknologi akuponik, penyuluhan dan pelatihan, monitoring dan survei.  Dari kegiatan yang dilakukan, 20 orang peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat dan anggota penggerak PKK memperoleh pelatihan tentang bagaimana memanfaatkan lahan pekarangan untuk budidaya ikan air tawar dan budidaya tanaman dengan menggunakan teknologi akuaponik. Selain itu juga, satu buah unit akuaponik diserahkan kepada pihak kelurahan sebagai model untuk masyarakat yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 1, 2021
How to Cite
DJAZULI, Raden Achmad et al. PEMANFAATAN LAHAN DENGAN SISTEM AKUAPONIK TANAMAN SAWI DAN IKAN LELE SEBAGAI PELUANG BISNIS MASYARAKAT DESA DAHAN REJO, KEBOMAS GRESIK. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 751-757, mar. 2021. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/2355>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i1.2355.