PEMBUATAN ALAT PENGOLAH LIMBAH RUMAH TANGGA DALAM MENGATASI MASALAH KEBERSIHAN DI DESA BANJARMADU KECAMATAN KARANGGENENG, LAMONGAN

  • Nina Aini Mahbubah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Secara geografis, Desa Banjarmadu terletak di wilayah Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan, Secara umum mata pencaharian warga Desa Banjarmadu teridentifikasi ke dalam beberapa sektor yaitu petani, pedagang,dan sektor industri. Mayoritas pekerjaan masyarakat desa adalah sebagai petani.Selain itu terdapat Unit Kegiatan Masyarakat (UKM) yang dijalankan masyarakat desa Banjarmadu. Jika dilihat dari sektor kependudukan jumlah penduduk desa Banjarmadu berjumlah 3456 jiwa dengan total 1152 KK yang tercatat didesa. Dengan melihat banyaknya kepala keluarga yang ada di desa Banjarmadu maka bisa diperkirakan banyaknya sampah yang dihasilkan setiap harinya. Hasil dari program kerja yang diadakan oleh Tim Dosen Universitas Muhammadiyah Gresik dengan membuat alat “Komposter Sederhana” dan membuat plakat “Dilarang membuang sampah sembarangan” agar masyarakat bisa menyadari cara pengolahan sampah agar tidak menimbulkan dampak yang tidak baik untuk masyarakat lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 2, 2020
How to Cite
AINI MAHBUBAH, Nina et al. PEMBUATAN ALAT PENGOLAH LIMBAH RUMAH TANGGA DALAM MENGATASI MASALAH KEBERSIHAN DI DESA BANJARMADU KECAMATAN KARANGGENENG, LAMONGAN. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 640-646, dec. 2020. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/2064>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i4.2064.