MENCIPTAKAN KREATIFITAS RUANG KELAS RANGKAIAN LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN APELDA DI SDN 1 TENGGOR

  • Denny Irawan

Abstract

SDN 1 TENGGOR merupakan salah satu lembaga pendidikan yang terletak di wilayah Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik tepatnya di dusun Bangle Desa Tenggor. Berdasarkan observasi di SDN 1 Tenggor menunjukan bahwa guru cenderung menggunakan metode ceramah, siswa pasif, kurangnya alat peraga, siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Alat Peraga merupakan alat-alat yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat mempengaruhi cara berfikir, perasaan, dan kemauan belajar siswa sehingga dapat terjadi proses belajar pada peserta didik, disisi lain alat peraga sangat berperan penting dalam kegiatan belajar. Oleh sebab itu perlu penggunaan alat peraga untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mengajar peserta didik SDN 1 Tenggor. Melalui Program kerja “Sosialisasi APELDA (Alat Peraga Listrik Dasar)”, bertujuan agar peserta didik lebih aktif, kreatif dan mudah dalam memahami materi pelajaran IPA tentang Rangkaian Listrik. Hasil dari kegiatan sosialisasi menunjukan bahwa penggunaan alat peraga dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan kreatifitas peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme peserta didik SDN 1 Tenggor untuk mencoba alat peraga dan mempraktekan hasil pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 5, 2020
How to Cite
IRAWAN, Denny. MENCIPTAKAN KREATIFITAS RUANG KELAS RANGKAIAN LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN APELDA DI SDN 1 TENGGOR. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 381-388, june 2020. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/1436>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i2.1436.