LITERASI KEUANGAN MENABUNG SEJAK DINI DAN PENDAMPINGAN PENGELOLAAN KEUANGAN BERBASIS PEMBUKUAN SEDERHANA PADA BANK SAMPAH DESA BRANGKAL, KECAMATAN BALONGPANGGANG, KABUPATEN GRESIK

  • Anwar Hariyono

Abstract

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Gresik tahun 2019 dilaksanakan mulai tanggal 02 Agustus 2019 sampai dengan tanggal 20 Oktober 2019. Salah satu tempat pelaksanaan kegiatan KKN adalah di Desa Brangkal Dusun Kedung Pangsing Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, yang diikuti oleh program studi Akuntansi dan 5 (lima) program studi lain. Mahasiswa program studi Akuntansi melaksanakan program kerja unggulan yakni pendampingan dan pembuatan format pembukuan sederhana pada bank sampah Desa Brangkal tepatnya di Dusun Kedung Pangsing dan juga literasi keuangan dengan menabung sejak dini . Kegiatan pendampingan pembukuan sederhana pada bank sampah Dusun Kedung Pangsing bertujuan untuk membantu dan membimbing pengurus bank sampah untuk melakukan pembukuan sederhana dalam mengelola keuangan bank sampah serta pengurus diberikan pendampingan untuk dapat menyajikan laporan keuangan yang baik dan benar sesuai standar akuntansi yang berlaku. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan gambaran dan tata cara pengelolaan keuangan dan pembukuan akuntansi dasar di Dusun Kedung Pangsing. Fun education menabung sejak dini bertujuan untuk memberikan penjelasan, motivasi dan menanamkan kesadaran tentang pentingnya menabung, memanfaatkan sampah botol bekas menjadi celengan serta mengasah kreativitas anak anak dalam kreasi botol celengan. Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa program studi Akuntansi berjalan lancar dan sukses sesuai apa yang sudah direncanakan. Semua pihak mengharapkan agar kegiatan ini dapat membantu memperbaiki Desa Brangkal menjadi lebih baik lagi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 2, 2020
How to Cite
HARIYONO, Anwar. LITERASI KEUANGAN MENABUNG SEJAK DINI DAN PENDAMPINGAN PENGELOLAAN KEUANGAN BERBASIS PEMBUKUAN SEDERHANA PADA BANK SAMPAH DESA BRANGKAL, KECAMATAN BALONGPANGGANG, KABUPATEN GRESIK. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 240-249, mar. 2020. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/1210>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i1.1210.