Dakwah Muhammadiyah Melalui Media Sosial

  • VANIA SISKA DAMAYANTI YNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Abstract

Kehadiran media sosial menyebabkan banyaknya perubahan dalam cara masyarakat melakukan aktivitas dan komunikasi mereka. Perubahan ini juga termasuk didalamnya aktivitas dakwah Muhammadiyah. Dakwah di era digital memberikan dampak pada dunia dakwah saat ini, yakni memberikan kemudahan, yang akan membuat batasan-batasan waktu dan jarak antar individu menjadi hampir tidak ada. Penelitian ini akan melihat mengenai bagaimana pelaksanaan dakwah di era modern seperti sekarang ini, khususnya melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dakwah eksis di era milenial saat ini dengan perspektif Muhammadiyah serta apa saja tntangan-tangan yang dihadapi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dan data penelitian ini berasal dari data sekunder yang berasal dari penelitian terdahulu (Library Research). Hasil dari penelitian menemukan bahwa era modern memberikan adanya jalan baru dalam melaksanakan dakwah islam yakni melalui media sosial, namun dalam pelaksanaanya tentunya terdapat tantangan dan hambatan. Agar dakwah dapat tersampaikan dengan utuh sesuai sasarannya, maka pemilihian platform media sosial yang tepat sangat berpengaruh, serta konten dan metode penyampaian yang digunakan juga akan menentukan keberhasilan pelaksanaan dakwah Muhammadiyah


 Kata Kunci:  Dakwah, Muhammadiyah, Media Sosial

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 13, 2024
How to Cite
DAMAYANTI, VANIA SISKA. Dakwah Muhammadiyah Melalui Media Sosial. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 25, n. 2, p. 001-014, july 2024. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/8045>. Date accessed: 26 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v25i2.8045.