UPAYA MENGATASI TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM PADA ABAD XXI

Authors

  • Hadiyatan Wasilah

DOI:

https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1379

Keywords:

tantangan, pendidikan Islam, abad XXI

Abstract

Abstrak: Pendidikan Islam telah berkembang dari masa ke masa, hingga sampai pada abad XXI di mana pada abad ini globalisasi telah menjadi realitas yang dihadapi setiap individu. Namun terdapat dampak negatif yang ditimbulkan oleh globalisasi di antaranya semakin banyaknya generasi muda yang melakukan seks bebas, penggunaan obat terlarang, hilangnya norma-norma dalam kehidupan. Hal ini tentu menjadi beban bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan Islam karena pendidikan merupakan upaya sebagai proses perkembangan individu baik pada tataran moral maupun intelektual. Olehnya perlu dilakukan upaya dalam mengatasi tantangan serta problematika tersebut. Upaya dalam mengatasi tantangan pendidikan abad XXI diklasifikasikan bagi pemangku kebijakan pendidikan yang meliputi: 1) membangun orientasi dan visi pendidikan Islam; 2)integrasi antara ilmu agama dan umum; 3) pengembangan tradisi akademik. Klasifikasi kedua adalah upaya bagi Guru dalam pendidikan Islam yang meliputi: 1) reorientasi visi dan misi guru; 2) strategi pembelajaran; 3) penanaman serta penerapan nilai-nilai keislaman.

Downloads

Published

2020-04-04

How to Cite

Wasilah, H. (2020). UPAYA MENGATASI TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM PADA ABAD XXI. Tamaddun, 21(1), 077–090. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1379

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.