METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Rinanti Resmadewi

DOI:

https://doi.org/10.30587/psikosains.v11i2.642

Keywords:

bermain peran, kemampuan interaksi social, siswa taman kanak-kanak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interaksi social pada siswa taman kanak-kanak melalui metode permainan peran. Tujuan program kegiatan belajar di TK adalah untuk membantu perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan. Anak juga diharapkan mampu untuk berinteraksi sosial dengan baik kepada guru dan teman sebayanya ketika memasuki pendidikan dasar. Desain penelitian eksperimen yang digunakan pada penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa Taman Kanak-kanak di TK ITS Surabaya, yang memiliki rentang usia 5 – 7 tahun. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan (t-test), diperoleh t=5.827; p<0.05, maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang cukup signifikan terhadap tingkat interaksi sosial anak antara kelompok eksperimen yang diberikan metode pembelajaran bermain peran dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan (metode pengajaran seperti biasa).

Downloads

Published

2018-10-25

How to Cite

Resmadewi, R. (2018). METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TAMAN KANAK-KANAK. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 11(2), 120–128. https://doi.org/10.30587/psikosains.v11i2.642

Issue

Section

Original Research

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.