Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dan Motivasi Belajar Dengan Resiliensi Akademik Pada Siswa Sma Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Piren Septianmar Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Santi Esterlita P Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nikmah Sofia Afiati Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30587/psikosains.v17i2.4595

Keywords:

Resiliensi Akademik, Dukungan Sosial Keluarga, Motivasi Belajar

Abstract

Pembelajaran online menuntut adanya kesiapan dan kemampuan adaptasi siswa. Siswa dituntut agar dapat bertahan dalam situasi sulit yang penuh tekanan. Sehingga resiliensi akademik diperlukan dalam situasi penuh tekanan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara dukungan sosial keluarga dan motivasi belajar dengan resiliensi akademik pada siswa SMA di masa pandemic COVID-19. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian sebanyak 150 orang siswa SMA yang diambil secara acak. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Skala Resiliensi Akademik, Skala Dukungan Sosial Keluarga, dan Skala Motivasi Belajar. Metode analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial keluarga dan resiliensi akademik pada siswa SMA di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan resiliensi akademik pada siswa SMA di masa pandemi COVID-19. Selain itu, secara simultan ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dan motivasi belajar dengan resiliensi akademik pada siswa SMA di masa pandemi COVID-19.

References

Besser, A., Flett, G. L., & Zeigler-Hill, V. (2022). Adaptability to a sudden transition to online learning during the COVID-19 pandemic: Understanding the challenges for students. Scholarship of Teaching and Learning in Psychology, 8(2), 85–105. https://doi.org/10.1037/stl0000198
Goleman, D., Hartel, C., Boyatzis, R., & Mckee, A. (2002). the Emotionally Intelligent Workplace:Howto Select for, Measure, and Improve Emotional Intelligence in Individuals, Groups, and Organizations. Administration In Social Work, 27(3), 107–114.
Harahap, A. C. P., Harahap, S. R., & Harahap, D. P. (2020). Gambaran resiliensi akademik mahasiswa pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(2), 240–246. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad
Hasanah, H., Marjohan, M., & Daharnis, D. (2021). Contribution of Self-esteem and Parents Social Support to Students Academic Resilience in Online Learning. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 2(1), 73–79. https://doi.org/10.24036/005400ijaccs
Herdiyanti, E., Novianti, R., & Puspitasari, E. (2018). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Resiliensi Pendidik TK di Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 2(1), 16–30.
Kumalasari, D., & Akmal, S. Z. (2020). Resiliensi akademik dan kepuasan belajar daring di masa pandemi COVID-19: Peran mediasi kesiapan belajar daring. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 353–368. https://doi.org/10.30996/persona.v9i2.4139
Maag, U. R., & Dicaire, G. (1971). On Kolmogorov-Smirnov type one-sample statistics. Biometrika, 58(3), 653–656.
Martin, A. (2002). Motivation and academic resilience. Australian Journal of Education, 46(I), 34–49.
Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2006). Academic resilience and its psychological and educational correlates: A construct validity approach. Psychology in the Schools, 43(3), 267–281. https://doi.org/10.1002/pits.20149
Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2009). Academic resilience and academic buoyancy: Multidimensional and hierarchical conceptual framing of causes, correlates and cognate constructs. Oxford Review of Education, 35(3), 353–370. https://doi.org/10.1080/03054980902934639
Masfiah, S., & Putri, R. V. (2019). Gambaran Motivasi Belajar Siswa Yang Kecanduan Game Online. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(1), 1. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i1.2970
Purnama, R. A., & Sri Wahyuni. (2017). Kelekatan (Attachment) pada Ibu dan Ayah Dengan Kompetensi Sosial pada Remaja Attachment to Mothers and Fathers and Social Competence on Adolescents. Jurnal Psikologi, 13(1), 30–40.
Sari, S. P., Aryansah, J. E., & Sari, K. (2020). Resiliensi Mahasiswa dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 dan Implikas-inya terhadap Proses Pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application , 9(1), 17–22. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Trivette, C. M., Dunst, C. J., & Hamby, D. (2013). Social Support and Coping in Families of Children at Risk for Developmental Disabilities. Early Childhood Intervention, 234–264. https://doi.org/10.1515/9783110814262.234
WHO. (2021, March 14). WHO Coronavirus (COVID-19) Dashboard | WHO Coronavirus (COVID-19) Dashboard With Vaccination Data. World Health Organization. https://covid19.who.int/
Yavuz, H. Ç., & Kutlu, Ö. (2016). Investigation of the factors affecting the academic resilience of economically disadvantaged high school students. Egitim ve Bilim, 41(186), 1–19. https://doi.org/10.15390/EB.2016.5497

Downloads

Published

2022-09-14

How to Cite

Septianmar, P., Esterlita P, S., & Afiati, N. S. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dan Motivasi Belajar Dengan Resiliensi Akademik Pada Siswa Sma Di Masa Pandemi Covid-19. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 17(2), 159–171. https://doi.org/10.30587/psikosains.v17i2.4595

Issue

Section

Original Research

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.