PENGENALAN REGULASI EMOSI MELALUI ART MANDALA DAN KARTU EMOSI PADA SISWI DI SD MUHAMMADIYAH 2 DUKUN
DOI:
https://doi.org/10.30587/prosidingkkn.v2i1.9762Abstract
Pengabdian pengenalan regulasi emosi ini bertujuan bertujuan untuk mengeksplorasi pengenalan regulasi emosi pada siswa melalui pendekatan art mandala dan permainan kartu emosi. Kegiatan dilakukan di SD Muhammadiyah 2 Dukun dengan siswi, di mana mereka diperkenalkan berbagai emosi yang mereka rasakan. Melalui aktivitas mewarnai art mandala, siswi diberikan kesempatan untuk mengekspresikan diri dan merelaksasi pikiran mereka, didukung oleh pemutaran lagu relaksasi yang menciptakan suasana tenang. Selain itu, permainan kartu emosi digunakan untuk membantu siswa memahami dan mendiskusikan emosi yang berbeda. Sebagai bagian dari kegiatan, siswi juga diminta untuk mewarnai gambar toples dan mencentang suasana hati mereka di bawah gambar tersebut. Dengan pendekatan ini, diharapkan siswi dapat meningkatkan kesadaran emosional serta mengembangkan keterampilan regulasi emosi yang lebih baik. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa kombinasi antara seni dan permainan dapat menjadi metode efektif dalam mendukung perkembangan emosional anak.