EDUKASI PEMASARAN DIGITAL PENINGKATAN UMKM DESA PADANGBANDUNGDENGAN PENDAMPINGANPEMBUATAN TOKO ONLINE DI SHOPEE (DALAM BAHASA INDONESIA)

Authors

  • Robi’atul Adawiyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Aura Safina Pratiwi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Pramesty Hidayatus Sya’bana Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Aisah Dinda Nurhalizah Mawardy Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Alviani Hesthi Permata Ningtyas Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/prosidingkkn.v2i1.9761

Abstract

Pentingnya pemasaran digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Padangbandung, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, dalam era digitalisasi saat ini menjadi elemen yang sangat penting dalam mengembangkan bisnis. Masalah yang dihadapi oleh UMKM terkait kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam pemasaran produk secara online. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UMKM di Desa Padangandung, dilakukan pendampingan pembelajaran untuk membuat toko online di shopee yang dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat. Pendampingan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengalaman kepada UMKM tentang bagaimana cara agar jangkauan pemasaran produk lebih luas . Pendampingan meliputi praktek langsung kepada para pelaku UMKM. Sebelum pelaksanaan kegiatan, dilakukan survei terhadap UMKM di Desa Padangbandung untuk mengidentifikasi permasalahan yang mereka hadapi terkait pemasaran produk UMKM. Selama pendampingan, peserta diberikan pengetahuan tentang pentingnya pemasaran digital, kemudian mereka terlibat dalam praktek pembuatan toko online dengan bimbingan. Hasil dan pembahasan dari kegiatan ini menunjukkan pentingnya pemasaran digital bagi UMKM Desa Padangbandung dan masalah yang dihadapi terkait kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam pemasaran secara online yang kurang luas. Melalui pendampingan ini, diharapkan UMKM dapat memperbarui materi pemasaran online Mereka, meningkatkan citra merek di platform digital dan dapat meningkatkan penjualan.

Downloads

Published

2025-05-16

How to Cite

Adawiyah, R., Safina Pratiwi, A., Hidayatus Sya’bana, P., Dinda Nurhalizah Mawardy, A., & Hesthi Permata Ningtyas, A. (2025). EDUKASI PEMASARAN DIGITAL PENINGKATAN UMKM DESA PADANGBANDUNGDENGAN PENDAMPINGANPEMBUATAN TOKO ONLINE DI SHOPEE (DALAM BAHASA INDONESIA). Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Kuliah Kerja Nyata, 2(2). https://doi.org/10.30587/prosidingkkn.v2i1.9761

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)