"MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUIEKSPLORASI WARNA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TIE-DYE PADA KANVAS"

  • Rani Firlana Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Silvi Zulfiatul Fauziah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Putri Nafiatul Khusna Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ma`had Wicaksono Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik melalui eksplorasi warna menggunakan teknik tie-dye pada kanvas. Dalam era pendidikan yang menekankan pentingnya kreativitas, teknik seni ini diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung yang merangsang imajinasi siswa. Melalui serangkaian workshop, siswa diperkenalkan pada dasar-dasar tie-dye dan prinsip- prinsip warna, yang memungkinkan mereka untuk menciptakan karya seni unik dan ekspresif. Metode penelitian ini melibatkan observasi, wawancara, dan penilaian hasilkarya seni siswa sebelum dan setelah pelaksanaan workshop. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan kreativitas siswa, yang tercermin dalam kemampuan mereka untuk menciptakan pola dan kombinasi warna yang inovatif. Selain itu, penelitian ini juga mencatat peningkatan rasa percaya diri peserta didik dalam mengekspresikan diri melalui seni. Kesimpulan dari penelitian inimenunjukkan bahwa teknik tie-dye merupakan metode yang efektif dalam meningkatkan kreativitas peserta didik. Dengan menyediakan platform untuk eksplorasi warna, pendidikan seni dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pengembangan kreativitas dan keterampilan artistik siswa. Penelitian ini membuka peluang untuk penerapan metode serupa dalam konteks pendidikan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 5, 2024
How to Cite
FIRLANA, Rani et al. "MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUIEKSPLORASI WARNA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TIE-DYE PADA KANVAS". Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 2, n. 1, dec. 2024. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/8905>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v2i1.8905.
Section
Articles