MENINGKATKAN KEMAMPUAN VOCABULARY BAHASA INGGRIS MELALUI PENGGUNAAN VIDEO DAN GAMES TRADISIONAL SEBAGAI MEDIA BELAJAR DI UPT SDN 264 GRESIK
Abstract
Kosakata merupakan salah satu komponen inti dalam pembelajaran bahasa Inggris. Pemahaman kosakata dapat dimulai dari anak usia dini karena daya tangkap mereka yang cepat sehingga anak usia dini mudah mempelajari kosakata baru. Pada era digitalisasi yang semakin canggih, video menjadi salah satu media yang dapat membantu anak usia dini memahami suatu konsep dan ide yang kompleks. Banyak guru kelas di Sekolah Dasar menghadapi kesulitan dalam memotivasi siswa untuk belajar Bahasa Inggris, terutama karena kurangnya media pembelajaran untuk memotivasi siswa. Program Ini dilakukan di Desa Ngawen Sidayu SDN 264 Gresik. Para guru percaya bahwa menggunakan “permainan kosakata” untuk mengajar bahasa Inggris adalah cara yang efektif untuk menarik perhatian dan motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris.Pembelajaran ini memanfaatkan media video dan permainan (games) sebagai sarana yang efektif untuk memfasilitasi anak-anak dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Dengan menggunakan pendekatan belajar yang menggabungkan video pembelajaran, sesi “repeat after me” yang melibatkan peragaan fisik, serta permainan hopscotch, siswa diharapkan dapat menguasai kosa kata dasar bahasa Inggris dengan lebih baik.