UPAYA MENINGKATKAN LITERASI SISWA MI AL-FURQON MENGGUNAKAN STORY TIME DENGAN CERITA BERGAMBAR

  • Yanuar Pandu Nugroho Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Muhammad Egik Radian Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Yolanda Nafisya Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Azkiya Putri Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Literasi merupakan kemampuan untuk mengolah dan memahami infromasi saat melakukan proses membaca dan menulis, dimana literasi adalah kemampuan dasar yang perlu dikuasai manusia sejak dini sebagai bekal untuk menyerap informasi dari berbagai sumber. Minimnya literasi siswa juga menjadi salah satu hambatan dikarenakan kurangnya motivasi ataupun kurang menarik minat siswa untuk membaca. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untukmengupayakan peningkatan literasi siswa dalam belajar bahasa Inggris khususnya untuk menarik minat literasi siswa dengan metode story time menggunakan cerita bergambar. Subjek penelitian adalah siswa siswi MI AlFurqon, Desa Srowo Kecamatan Sidayu. Cerita bergambar akan diakumulasikan dengan materi pembelajaran siswa dan siswi yang telah melalui observasi saat mengajar dikelas. Minimnya literasi siswa dan siswi khususnya dalam Bahasa Inggris dapat disumpulkan karena sulitnya pelafalan, kurangnya percaya diri, dan motivasi untuk membaca yang kurang. Menggunakan metode story time adalah salah satu upaya meningkatkan literasi dengan pengajaran yang menarik dan interaktif, sehingga suasana kelas pembelajaran bahasa inggris tidak cenderung monoton dan tidak membosankan bagi siswa dan siswi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 5, 2024
How to Cite
PANDU NUGROHO, Yanuar et al. UPAYA MENINGKATKAN LITERASI SISWA MI AL-FURQON MENGGUNAKAN STORY TIME DENGAN CERITA BERGAMBAR. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 2, n. 1, dec. 2024. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/8884>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v2i1.8884.
Section
Articles