PENYULUHAN BAHAYA GADGET DAN PENGENALAN GAME EDUKASI “QUESTION GAME” DI SEKOLAH DASAR NEGERI 266 GRESIK, DESA RACI TENGAH, KECAMATAN SIDAYU,KABUPATEN GRESIK
Abstract
Penelitian ini fokus pada penyuluhan bahaya gadget dan pengenalan game edukasi "Question Game" di SD
Negeri 266 Gresik. Penelitian ini membahas dampak fisik, psikologis, dan sosial gadget pada anak-anak serta
strategi pencegahan yang dapat diterapkan. Penelitian ini dilakukan pada 24 Januari 2024, menggunakan
metode interaktif untuk memastikan partisipasi aktif siswa. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan
pemahaman siswa terhadap bahaya gadget. Penelitian ini juga memperkenalkan game edukasi "Question
Game" sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan minat belajar anak-anak di era digital. Penelitian ini
berkontribusi dalam memahami dan mengatasi dampak negatif gadget pada anak-anak sekaligus memperkaya
metode pembelajaran di sekolah dasar.