SOSIALISASI PEMANFAATAN PLATFORM DIGITAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAGI UMKM DI DESA PURWODADI, KECAMATAN SIDAYU, KABUPATEN GRESIK
Abstract
Desa Purwodadi merupakan salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Sidayu, Kabupaten
Gresik. Bedasarkan survei di lapangan, permasalahan yang terjadi adalah masih banyak
UMKM di Desa Purwodadi mengalami kesulitan untuk menjalankan sistem penjualan
menggunakan strategi pemasaran produk UMKM secara online dengan tujuan agar dapat
dijangkau banyak orang. Salah satu strategi promosi secara online adalah menggunakan
Platform Digital dengan memanfaatkan Website Desa sebagai media promosi. Metode yang
digunakan dalam kegiatan sosialisasi ini adalah Pengumpulan Data, Persiapan Teknis,
Pelaksanaan, Pendampingan, dan Evaluasi kegiatan. Indikator capaian membuktikan bahwa
kegiatan ini berjalan sesuai rencana di awal. Hasil dari kegiatan ini para peserta sangat
antusias mengenal Website Desa untuk memasarkan produk yang dijual agar dapat
dijangkau lebih luas oleh calon pembeli. Keberlanjutan dari kegiatan ini diharapkan setiap
para peserta beralih ke media pemasaran online untuk jangkauan yang lebih luas dalam
mencari calon pembeli. Dengan demikian peserta menjadi sadar untuk pentingnya belajar
teknologi informasi untuk meningkatkan daya saing khususnya pada penjualan produk
UMKM di Desa Purwodadi.