HARMONI KREATIVITAS ANAK PADA TK MUSLIMATNU 45 AL HIDAYAH

  • Nataria Wahyuning Subayani, Wahyuning Subayani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Faizal Ansaris Ansaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nurfika Nabiya Nabiya Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengembangan kreativitas dan keterampilan sosial anak
pada TK Muslimat 45 Al Hidayah Lasem yang terdii dari gabungan kelas TK B yang
berjumlah 30 orang anak melalui dua kegiatan berbeda. Pertama, anak-anak diajak untuk
mengembangkan motorik halus mereka dengan membuat sate buah dari kertas, melalui
teknik menggunting, menempel, dan merangkai gambar buah pada tusuk sate. Kegiatan
kedua melibatkan pengembangan keterampilan sosial melalui bermain kerata balon. Dalam
kegiatan ini, anak-anakdibagi dalam kelompok dengan satu anak sebagai ketua yang bertugas
memimpin distribusi tiga balon kepada anggota kelompoknya. Proses distribusi balon ini
melibatkan kerja sama, komunikasi, dan koordinasi antara anak-anak untuk mencapai tujuan
bersama. Kedua kegiatan ini tidak hanya mendukung perkembangan fisik dan kreativitas
anak, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai sosial seperti kerjasama dan kepemimpinan dalam
lingkungan yang menyenangkan dan mendidik. Dengan menggabungkan pembelajaran
kreatif dengan kegiatan yang menyenangkan, artikel ini mengilustrasikan pentingnya
harmoni antara kreativitas dan pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 8, 2024
How to Cite
WAHYUNING SUBAYANI, Nataria Wahyuning Subayani,; ANSARIS, Faizal Ansaris; NABIYA, Nurfika Nabiya. HARMONI KREATIVITAS ANAK PADA TK MUSLIMATNU 45 AL HIDAYAH. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-6, oct. 2024. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/8586>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v2i1.8586.
Section
Articles