PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DALAM MATERI DRAMA UNTUK SISWA KELAS V SD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DALAM MATERI DRAMA UNTUK SISWA KELAS V SD
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model bermain peran pada materi drama dikelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis kualitatif deskriptif untuk mengetahui keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menemukan informasi bahwa untuk melihat keberhasilan penggunaan model pembelajaran bermain peran sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V terutama dalam materi drama dapat dilihat kesesuaian dengan indikator pemilihan kata, ketepatan ucapan, ketepatan sasaran pembicara, keberanian dan ekspresi. Perlu adanya perhatian dari sektor pendidikan untuk mendukung kegiatan ini sehingga program akan terus berkelanjutan yang bermanfaat untuk siswa sebagai tempat mengekspresikan kreativitasnya, dan juga mengembangkan potensi minat dan bakatnya masing-masing.