Sosialisasi Digital Marketing Di Era Modern Untuk UMKM di Kelurahan Kemuteran Gresik
Abstract
Kelurahan Kemuteran merupakan salah satu kelurahan di kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Di Kelurahan Kemuteran, salah satu mata pencaharian utama sebagai pengusaha usaha mikro kercil menengah di wilayah kemuteran yang memiliki potensi yang cukup besar dalam pengembangan usaha. Di kelurahan kemuteran juga terdapat beberapa UMKM, dengan berbagai pelaku usaha mikro kecil maupun besar. Apalagi dalam memasarkan sebuah produk ada faktor yang sangat penting, salah satunya yaitu faktor branding. Tujuan kegiatan ini untuk mengkaji implementasi sosialisasi Digital Marketing sebagai strategi pemasaran yang efektif bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Kemuteran dalam era modern. Metode yang digunakan meliputi memberikan sosialisasi dan melakukan pendampingan digital marketing untuk umkm di kelurahan Kemuteran. Hasil sosialisasi digital marketing melalui e-commerce diperoleh pemahaman baik sebelum sosialisasi sebesar 37,5% dan sesudah sosialisasi sebesar 87,5%. Menunjukkan ada peningkatan pemahaman sebesar 50%. Sedangkan keterampilan penerapan digital marketing melalui e-commerce setelah kriteria baik 37,5% sebelumnya 12,5% menunjukkan ada peningkatan keterampilan pendampingan digital marketing melalui e-commerce sebesar 15%. Kegiatan ini memberikan kebermanfaatan untukmembantu UMKM dalam memanfaatkan potensi pasar online dengan efektif.