Edukasi Listrik Sederhana Kepada Siswa Taman Kanak-Kanak Nurul Hikmah Di Kelurahan Karangturi, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik

  • Misbah Misbah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Denny Irawan Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sudarto Sudarto Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Moh. Zainul Arif Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Illal Balaaghul Mubiin Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Kegiatan edukasi ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menambah pengetahuan tentang listrik dan bahaya serta cara pemakaian listrik kepada anak-anak usia dini dimana anak mengalami masa keemasan.Selain itu,pada usia inimerupakan usia yang sangat menentukan dalam pembentukan karakter, kepribadian dan penyerapan informasi yang maksimal bagi seorang anak. Usia dini ini juga sangat baik untuk diperkenalkan akan bahaya yang berada disekitar lingkungan anak-anak, salah satunya bahaya listrik. Hal inilah yang membuat pentingnya edukasi tentang listrik terhadap anak usia dini dalam kegiatan ini adalah Peserta didik TK Nurul Hikmah yang berlokasi di Kelurahan Karangturi,Kabupaten Gresik.Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui metode penyampaian materi yang menarik bagi peserta didik untuk menyimak dan mudah dipahami yang meliputi pengertian listrik, bahaya listrik, dan penggunaan listrik,praktek dan simulasi dengan mainan yang menggunakan tenaga listrik dari baterai dan tenaga surya atau matahari.Anak-anak sangat antusias dalam kegiatan dan aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab juga pada saat kegiatan praktek didalam dan diluar kelas. Dampak dari kegiatan edukasi ini seluruh peserta didik senang dalam mengikuti kegiatan dan juga mendapatkan peningkatan pengetahuan. Peningkatan tersebut antara lain peningkatan pemahaman mengenai listrik dan kesadaran akan bahaya listrik serta menumbuhkan sifat berpikir kreatif pada anak. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiataan edukasi ini dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran mengenalkan listrik pada anak TK.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 14, 2024
How to Cite
MISBAH, Misbah et al. Edukasi Listrik Sederhana Kepada Siswa Taman Kanak-Kanak Nurul Hikmah Di Kelurahan Karangturi, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 91-98, june 2024. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/7873>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i2.7873.
Section
Articles