PSIKOEDUKASI UNTUK MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA SISWA-SISWI SD MUHAMMADIYAH 3 GRESIK “SAY NO TO BULLYING”

Authors

  • Amalia Suci Rahmadani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Dea Fitria Pavita Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Mariyatul Qibtiyah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6653

Keywords:

Psikoedukasi, Bullying, Cara Pencegahan, Sekolah Dasar

Abstract

Bullying menjadi suatu hal yang memprihatinkan saat ini, karena memiliki dampak yang serius terhadap tumbuh kembang anak usia sekolah dasar. Banyak faktor yang melatar belakangi seseorang melakukan pelecehan atau perundungan, salah satunya adalah keyakinan pelaku bahwa tindakannya bukan merupakan bullying. Pencegahan perundungan di sekolah dapat dilakukan dengan meningkatkan pengawasan dan memberikan hukuman yang setimpal kepada pelaku kejahatan. Solusi lainnya adalah meningkatkan kesadaran melalui berbagai metode.
Cara lainnya adalah dengan mengintegrasikan materi tentang bullying ke dalam pembelajaran yang akan memberikan dampak positif bagi perkembangan pribadi siswa. Dalam kegiatan ini kami berusaha untuk ikut sertal dalam mencegah tindakan bullying pada siswa/siswi Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Gresik. Liingkungan sekolah dasar merupakan lingkungan yang sangat rawan akan terjadinya bullying. Dalam kegiatan ini kami juga melakukan evaluasi dengan membagikan beberapa pertanyaan tentang bullying untuk mengukur seberapa pemahaman siswa/siswi.

Downloads

Published

2023-10-27

How to Cite

Rahmadani, A. S., Pavita, D. F., & Qibtiyah, M. (2023). PSIKOEDUKASI UNTUK MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA SISWA-SISWI SD MUHAMMADIYAH 3 GRESIK “SAY NO TO BULLYING”. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Kuliah Kerja Nyata, 1(1), 337–344. https://doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6653

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.