MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSAKATA TENTANG NAMA HEWAN DI MI ISLAMIYAH PALOH: MENGGUNAKAN FLASH CARD DAN BUKU BACAAN
Abstract
Kosakata adalah elemen penting dalam pembelajaran bahasa yang memengaruhi kemampuan siswa dalam berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Kurangnya pemahaman kosakata dapat menjadi hambatan dalam pembelajaran bahasa kedua. Namun, dalam MI Islamiyah Paloh, pengajaran kosakata masih kurang efektif karena guru jarang menggunakan media dalam pengajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kosakata tentang hewan darat dan laut di sekitar Paloh dan kemampuan Bahasa Inggris siswa melalui penggunaan flashcard dan buku bacaan sebagai media pembelajaran. Manfaat Penelitian ini adalah siswa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman kosakata dan kemampuan Bahasa Inggris mereka. Selain itu, bagi mahasiswa yang terlibat dalam program ini, ini menjadi kesempatan untuk melatih pola pikir dan menerapkan ilmu yang telah dipelajari. Tempat pelaksanaan yaitu di MI Islamiyah Paloh, kecamatan Paciran, kabupaten Lamongan. Waktu pelaksanaan terdapat 4 pertemuan pada tanggal 10, 17, 24, 31 Agustus 2023. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan monitoring (evaluasi). Hasil dari penelitian ini yaitu penelitian ini mencakup kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi, perkenalan materi, serta penggunaan media pembelajaran flashcard dan buku bacaan. Guru di MI Islamiyah Paloh menerima baik media tersebut, yang diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami kosakata.