Analisis Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual : Tinjauan Self Efficacy

Tinjauan Self Efficacy

  • Dewi Susanti Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan mengklarifikasi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan situasi kehidupan nyata dan seberapa percaya diri mereka dengan kemampuan mereka sendiri. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs. Penaber di Sukaoneng, Kecamatan Tambak. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas VIII MTs. Penaber pada tahun ajaran 2023/2024. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi penggunaan angket, tes, dan wawancara. Efikasi diri siswa dinilai dengan menggunakan jawaban angket, dan hasil tes kemampuan pemecahan masalah diperiksa berdasarkan tingkat efikasi diri yang berbeda. Selain itu, wawancara juga dilakukan untuk melengkapi data mengenai kemampuan pemecahan masalah pada berbagai tingkat efikasi diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menunjukkan kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi dan memiliki kemampuan efikasi diri yang tinggi memperoleh nilai rata-rata 87. sedang memperoleh skor rata-rata 93. Siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri yang sedang memperoleh skor rata-rata 76,5. rendah memperoleh skor rata-rata 70, sedangkan siswa dengan kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri rendah memperoleh skor rata-rata 38.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 12, 2024
How to Cite
SUSANTI, Dewi. Analisis Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual : Tinjauan Self Efficacy. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 30-39, sep. 2024. ISSN 2723-0600. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/article/view/8173>. Date accessed: 26 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/postulat.v5i1.8173.
Section
Articles