Analisis Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Numerasi Berdasarkan Taksonomi SOLO (Structure of The Observed Learning Outcome)

Authors

  • kholidah maya irfana Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/postulat.v5i1.8172

Keywords:

Analisis, Taksonomi Solo, Pemecahan Masalah Numerasi

Abstract

Aktivitas berpikir adalah tindakan mental yang esensial dalam mengolah informasi dan membentuk pemahaman, serta berperan dalam pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah. kemampuan berpikir memungkinkan individu untuk mengamati, mengevaluasi dan membuat keputusan yang lebih baik. Untuk itu, penting bagi pendidik untuk mengidentifikasi dan memahami level berpikir siswa guna meningkatkan kemampuan berpikir mereka. Taksonomi SOLO menawarkan kerangka kerja untuk mengukur dan menganalisis tingkat berpikir siswa, mengidentifikasi kesalahan, dan merancang instrumen evaluasi yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji, melalui lensa taksonomi SOLO yang mencakup lima tingkat penalaran yang berbeda sejauh mana siswa menggambar pada setiap tingkat ketika mereka memecahkan masalah numerik. Pendekatan deskriptif merupakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Terdiri dari dua puluh tujuh siswa Kelas VIII-A, penelitian dilakukan. Subjek disurvei menggunakan kuesioner dan wawancara untuk mengumpulkan data. Analisis data diselesaikan dengan mereduksi data, menyajikan temuan, dan menarik kesimpulan. Seorang murid berada pada tataran unistruktural jika mereka memahami mata pelajaran tersebut tetapi belum menyelesaikannya dengan benar dan tidak dapat memberikan solusi. 2) Siswa dianggap bekerja pada tingkat multistruktural ketika mereka dapat mengintegrasikan data multi-sumber dan menerapkan perencanaan penyelesaian. Pada tingkat relasional, siswa dapat secara tepat memanfaatkan dua atau lebih bit informasi dari pertanyaan yang diberikan dan menarik kesimpulan, memungkinkan mereka untuk memberikan tanggapan yang akurat.

References

Asrijanty. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran.
Halisa, N. , & H. K. H. (2020). Analisis Kemampuan Numerasi Pada Hasil Assement Kompetensi Umum (Akm) Di Sd Negeri 1 Purwosari.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. C.V Pustaka Setia.
Handayani, F. (2022). Analisis Level Berpikir Siswa Berdasarkan Taksonomi SOLO Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Soal Cerita SPLDV DI SMP Negeri 1 Tomoni.
Kamilia, I. D. (2019). Analisis Level Berpikir Siswa Berdasarkan Taksonomi Solo Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Spldv.
King, L. A. (2017). Psikologi Umum : Sebuah Pandangan Apresiatif / Laura A. King ; Penerjemah, Yuditha Hardini, Petty Gina Gayatri ; editor, Desi Mandasari, Ahdha Sartika (Desi Mandasari & Ahdha Sartika, Eds.; edisi 3).
Kuswana. (2011). Taksonomi Berpikir (Fauzia, Ed.).
Purpura, D. J., Baroody, A. J., & Lonigan, C. J. (2013). The Transition From Informal To Formal Mathematical Knowledge: Mediation By Numeral Knowledge. Journal of Educational Psychology, 105(2), 453–464. https://doi.org/10.1037/a0031753
Resti, Y., & Zulkarnain. (2020). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Pelatihan Dalam Bentuk Tes Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru Sdit Auladi Sebrang Ulu Ii Palembang.
Suryadi, D. (2010). Menciptakan Proses Belajar Aktif : Kajian Dari Sudut Pandang Teori Belajar Dan Teori Didaktik.
Umbara, U., & Suryadi, D. (2019). Re-interpretation of mathematical literacy based on the teacher’s perspective. International Journal of Instruction, 12(4), 789– 806. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12450a
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik : Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika (Ed 1 Cet. 1). Graha Ilmu

Downloads

Published

2024-09-12

How to Cite

irfana, kholidah maya. (2024). Analisis Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Numerasi Berdasarkan Taksonomi SOLO (Structure of The Observed Learning Outcome). Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 17–29. https://doi.org/10.30587/postulat.v5i1.8172

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.