Kajian Etnomatematika dalam Budaya Merti Dusun Temanggung Kabupaten Wonosobo dan Implementasinya dalam Pembelajaran Matematika
Abstract
Indonesia mempunyai banyak sekali ragam kebudayaan. Salah satu kebudayaan yang dapat dikaji melalui etnomatematika adalah Budaya Merti dusun. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan sejarah dan filosofi Budaya Merti Dusun di Dusun Temanggung Wonosobo (2) mendeskripsikan aktivitas fundamental yang terjadi pada Budaya Merti Dusun di Dusun Temanggung Wonosobo menurut Bishop (3) Mengembangkan atau mengimplementasikan hasil kajian dalam Pembelajaran Matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah etnografi. Subjek dari penelitian ini adalah sesepuh Dusun Temanggung. Berdasarkan aktivitas fundamental matematis menurut Bishop hasil dari penelitian ini menunjukan (1) Adanya aktivitas membilang (counting) (2) adanya aktivitas pemetaan (locating) (3) adanya aktivitas mengukur (measuring) (4) adanya aktivitas merancang (designing) (5) adanya aktivitas bermain (playing) dan (6) aktivitas menjelaskan (explaining). Hasil penelitian tersebut dapat diimplementasikan pada pembelajaran matematika.