Pengaruh Minat, Kepercayaan Diri, dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA di SMA Muhammadiyah 06 Paciran
Abstract
Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya yaitu minat, bakat, dan kepercayaan diri, sedangkan faktor eksternal diantaranya yaitu faktor keluarga (cara orang tua mendidik), dan faktor sekolah (cara guru mengajar). Setiap peserta didik ingin mendapatkan prestasi belajar yang baik, tetapi untuk menghasilkan prestasi yang baik membutuhkan usaha.
Penelitian ini termasuk jenis korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA di SMA Muhammadiyah 06 Paciran tahun 2020/2021 berjumlah 85 peserta didik yang terbagi menjadi 4 kelas dan peneliti mengambil dua kelas yang berjumlah 44 peserta didik sebagai sampel secara acak dengan cara diundi. Sebelum diundi peneliti melakukan uji homogenitas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan soal tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa pengaruh minat (X1), kepercayaan diri (X2), dan kreativitas (X3) berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai P - Value (sig) . Hasil penelitian menggunakan uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel
minat berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai P - Value (sig) , kepercayaan diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai P - Value (sig) , kreativitas berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai P - Value (sig) . Koefisien determinasi menunjukkan bahwa persentase variabel X (minat, kepercayaan diri dan kreativitas) terhadap variabel Y (prestasi belajar) sebesar 88,7%. Artinya variabel prestasi belajar dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel minat, kepercayaan diri dan kreativitas, sedangkan sisanya 11,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak teliti.
Kata kunci : Minat, Kepercayaan Diri, Kreativitas, dan Prestasi Belajar