Penerapan Model Guided Discovery Learning Berbasis LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

  • Purwanti Purwanti SMP Negeri 2 Malinau Selatan Hilir

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di SMP Negeri 2 Malinau Selatan Hilir. Tujusn dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning . Sasaran penelitian ini yaitu kelas VII yang berjumlah 7 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Pada kondisi awal berdasar dari nilai ulangan harian KD 3.4 nilai rata-rata klasikal adalah 58,57 dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 3 siswa dan jumlah siswa tidak tuntas 4 siswa. Pada siklus I rata-rata hasil belajar matematika meningkat menjadi 64,57, pada siklus II meningkat menjadi 72,57 dan pada siklus III rata-rata hasil belajar meningkat lagi menjadi 75,00. Presentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan hanya 57,14%, siklus II meningkat menjadi 85,71% dan siklus III ketuntasan mencapai 100%. Sehingga dapat disimpulkan penerapan model Guided discovery learning berbasis LKPD dapat meningkatkan hasil belajar matematika

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 6, 2021
How to Cite
PURWANTI, Purwanti. Penerapan Model Guided Discovery Learning Berbasis LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 57-70, aug. 2021. ISSN 2723-0600. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/article/view/2972>. Date accessed: 14 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/postulat.v2i1.2972.
Section
Articles