Penggunaan Aplikasi Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IX E SMP N 17 Balikpapan Materi Persamaan Kuadrat

Authors

  • Rosalina Rosalina Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/postulat.v2i2.2634

Keywords:

Hasil belajar, Youtube, KKM, peserta didik

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk :  meningkatkan hasil belajar peserta didik di masa pandemi Covid  - 19 pada materi Persamaan Kuadrat di kelas 9E SMP N 17 Balikpapan tahun pelajaran 2020 – 2021, dengan menggunakan media pembelajaran video Youtube.  

Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 9E SMP Negeri 17 Balikpapan dengan jumlah siswa adalah 32 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika peserta didik kelas 9E SMPN 17 Balikpapan tahun pelajaran 2020 – 2021 pada materi persamaan kuadrat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan  teknik observasi dan teknik tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata kelas dan menghitung banyaknya peserta didik yang mencapai nilai KKM sedangkan untuk aktivitas peserta dilakukan dengan menghitung persentase tiap aspek kemudian ditentukan kualifikasinya.

                Proses pembelajaran dilakukan secara daring menggunakan google meet di awal pembelajaran untuk mempersiapkan peserta didik melakukan kegiatan diskusi kelompok menyelesaikan permasalahan di LKPD yang telah disiapkan. Setelah peserta didik selesai berdiskusi dalam kelompok kecil melalui grup whatsapp, kemudian mempresentasikan hasil diskusinya secara daring di google meet. Setiap akhir pembelajaran, peserta didik diminta untuk mengerjakan evaluasi yang dikerjakan secara individu melalui google form. Nilai evaluasi yang diperoleh peserta didik kemudian dihitung rata – rata kelasnya dan banyak peserta didik yang mencapai nilai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah digunakannya video pembelajaran youtube pada pembelajaran matematika, hasil belajar peserta didik mengalami perubahan dari siklus I,  siklus II dan siklus III. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 92 kemudian pada siklus II adalah 71,30 dan meningkat menjadi 76,25 pada siklus III. Sedangkan banyaknya peserta didik yang mencapai nilai KKM adalah pada  siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 100% atau 32 dari 32 siswa menjadi 62,50% atau 20 dari 32 siswa pada siklus II dan meningkat menjadi 68,75 atau 22 dari 32 siswa pada siklus III. Disarankan untuk pembelajaran matematika selanjutnya dapat menggunakan video pembelajaran melalui youtube  pada materi lain sebagai alternatif agar hasil belajar matematika siswa meningkat.

References

Arham, Muthmainnah. 2020. Efektivitas Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran. https://www.academia.edu/43660143/Efektivitas_Penggunaan_Youtube_Sebagai_Media_Pembelajaran_Mutmainnah_Arham (diakses 13 Oktober 2020)
Lestari, Renda. 2020. PENGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9566/68.pdf?sequence=1&isAllowed (diakses 13 Oktober 2020)
Mujiati. 2017. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KONSEP ELILING DAN LUAS BANGUN DATAR PESERTA DIDIK KELAS V A SD NEGERI 009 PULAU KIJANG KECAMATAN RETEH. https://media.neliti.com/media/publications/258180-peningkatan-hasil-belajar-matematika-mel-0632ab7f.pdf (Diakses 12 Oktober 2020)

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Rosalina, R. (2022). Penggunaan Aplikasi Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IX E SMP N 17 Balikpapan Materi Persamaan Kuadrat. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 126–132. https://doi.org/10.30587/postulat.v2i2.2634

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.