Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Mengoptimalkan Penggunaan LKS Terbimbing Pada Pokok Bahasan Statistika Siswa Kelas XII AKL SMK Muhammadiyah 2 Playen Kabupaten Gunungkidul Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Anisa Fitri Nur Rahmah University of Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/postulat.v2i2.2633

Abstract

 

 

Abstract

The purpose of this study is to know the implementation of learning and improving the results of mathematics learning by optimizing LKS Guided in grade XII students AKL SMK Muhammadiyah 2 Playen in statistical material for the year 2020/2021. The data sources in this study are students and students' documents. Data is obtained from the study results of students after being given action through pre-test results, post-test and observation results of student and teacher activities. The method used is the method of testing and observation. The results of this study were achieved in cycle III, with details of teacher and student activities achieving grades of 90.18 and 90.63 and for student learning results achieved classical completeness of 94.74%. So from this research obtained a result, that LKS or LKPD is guided to improve the learning results of students and the learning process of mathematics in SMK Muhammadiyah 2 Playen.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar matematika dengan mengoptimalkan LKS Terbimbing pada siswa kelas XII AKL SMK Muhammadiyah 2 Playen pada materi statistika tahun pelajaran 2020/2021. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik dan dokumen peserta didik. Data diperoleh dari hasil belajar peserta didik setelah diberikan tindakan melalui hasil pre-tes, pos-tes dan hasil pengamatan aktifitas siswa dan guru. Metode yang digunakan adalah metode tes dan observasi. Hasil penelitian ini tercapai pada siklus III, dengan rincian aktifitas guru dan siswa mencapai nilai 90,18 dan 90,63 dan untuk hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal 94,74%. Sehingga dari penelitian ini didapat sebuah hasil, bahwa LKS atau LKPD terbimbing mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan proses pembelajaran matematika di SMK Muhammadiyah 2 Playen.

 

 

References

Depdiknas. (2005). Pedoman Penyusunan LKS SMA. Jakarta: Depdiknas.
https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-belajar.html. (n.d.). Retrieved from https://www.maxmanroe.com.
Mulyana, A. (2020, Maret 02). https://ainamulyana.blogspot.com/2012/01/pengertian-hasil-belajar-dan-faktor.html. Retrieved from https://ainamulyana.blogspot.com/: https://ainamulyana.blogspot.com/2012/01/pengertian-hasil-belajar-dan-faktor.html
Muqarrabin, F. (2020, Oktober 12). https://eurekapendidikan.com/lembar-kegiatan-siswa-lks. Retrieved from https://eurekapendidikan.com/: https://eurekapendidikan.com/lembar-kegiatan-siswa-lks
Riadi, M. (2019, Maret 06). https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html. Retrieved from https://www.kajianpustaka.com/: https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html
Wiriaatmadja, R. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Nur Rahmah, A. F. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Mengoptimalkan Penggunaan LKS Terbimbing Pada Pokok Bahasan Statistika Siswa Kelas XII AKL SMK Muhammadiyah 2 Playen Kabupaten Gunungkidul Tahun Pelajaran 2020/2021. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 158–167. https://doi.org/10.30587/postulat.v2i2.2633

Issue

Section

Articles