PENGUKURAN KINERJA JASA FREIGHT FORWARDING MENGGUNAKAN METODE BALDRIGE EXCELLENCE FRAMEWORK

(STUDI KASUS: PT SEACON LOGISTIK)

Authors

  • Syaiful Haqqul Yaqin Teknik Logistik, Universitas Pertamina
  • Iwan Sukarno Teknik Logistik, Universitas Pertamina

DOI:

https://doi.org/10.30587/matrik.v25i1.7346

Keywords:

Baldrige Excellence Framework, Freight Forwarding, Performance Measurement, Root Cause Analysis

Abstract

Departemen Booking and Documentation PT Seacon Logistik mengalami kesulitan dalam mengkoordinasikan karyawan dan melakukan evaluasi kinerja layanan jasa freight forwarding mereka ditengah kompleksitas operasional yang semakin meningkat dan persaingan global yang ketat. Melalui penggunaaan metode Baldrige Excellence Framework (BEF), penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja Departemen Booking and Documentation di PT Seacon Logistik. Selain itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi kriteria yang sudah berjalan dengan baik dan yang perlu diperbaiki. Dengan menggunakan Root Cause Analysis, penelitian ini juga membuat rekomendasi usulan untuk perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Seacon Logistik mencapai skor kinerja sebesar 83,579%, menempatkannya di posisi Benchmark Leader dan dikategorikan ke dalam kategori Excellent dalam pengukuran kinerja BEF. Kriteria manajemen proses memiliki kinerja terendah, menunjukkan bahwa ada ruang untuk perbaikan. Sementara itu, kriteria kepemimpinan mencapai kinerja tertinggi. Untuk meningkatkan kriteria manajemen proses, diperlukan penekanan pada pelatihan manajemen risiko, peningkatan kesadaran karyawan tentang kesehatan dan keselamatan kerja, dan penerapan pendekatan 5R untuk menciptakan tempat kerja yang lebih nyaman.

References

[1] N. Prahaski and H. Ibrahim, "Kebijakan Perdagangan Internasional terhadap Pertumbuhan Ekonomi Negara Berkembang," Jurnal Minfo Polgan, vol. 12, pp. 2474-2479, 2023.
[2] Y. I. Erika, "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Neraca Perdagangan Indonesia," Jurnal Ekonomi Pembangunan, vol. 4, pp. 214-224, 2022.
[3] M. Faudzi and G. D. Asmara, "Analisis Neraca Perdagangan Indonesia: Pendekatan ARDL," Journal of Macroeconomics and Social Development, vol. 1, pp. 1-16, 2023.
[4] Kemendag, "Satu Data Perdagangan," 31 Juni 2023. [Online]. Available: https://satudata.kemendag.go.id/assets/web/images/infographic/1690431361_33bcb424f51283e0a75b.jpg.
[5] S. D. Adini and R. Pramukty, "Literature Review: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Neraca Perdagangan," EKOMA:JurnalEkonomi,Manajemen,Akuntansi, pp. 472-479, 2023.
[6] G. Maulani, S. I. M. Kartika, S. U. Andayani, A. K. Negara, A. Suarni, I. M. S. Adnyana, M. S. P., E. C. Mayndarto and R. Martiwi, Konsep Dasar Bisnis Internasional, Batam: Yayasan Cendekia Mulia Mandiri, 2024.
[7] V. T. Restianingati, "Pengukuran Kinerja BUMN Berbasis Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE) Tahun 2016," JKMP (Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik), pp. 16-28, 2023.
[8] D. I. Prasetya, F. Handoko and P. Vitasari, "Pengukuran Kinerja Perusahaan Jasa Transportasi Niaga Darat Menggunakan Metode Baldrige Excellence Framework (Studi Kasus pada PT. Galena Perkasa Sidoarjo)," Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, pp. 12-18, 2019.
[9] Y. Syahrullah and Y. A. Lestari, "Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Metode Baldrige Excellence Framework," Heuristic, pp. 31-42, 2021.
[10] NIST, "Baldrige Criteria Commentary," 12 September 2023. [Online]. Available: https://www.nist.gov/baldrige/baldrige-criteria-commentary.
[11] J. C. Paterson, Beyond the Five Whys: Root Cause Analysis and Systems Thinking, New York: Wiley, 2023.
[12] T. Sahoo, Root Cause Failure Analysis: A Guide to Improve Plant Reliability, New York: Wiley, 2021.
[13] M. L. Blazey and P. L. Grizzell, Insights to Performance Excellence 2021-2022, Milwaukee: Quality Press, 2021.
[14] H. Sugesti and A. D. Anggraeni, "Implementasi Pengukuran Kinerja Model Malcolm Baldrige untuk Kinerja Unggul dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing di PT Pos Indonesia," Sosio E-Kons, pp. 1-9, 2020.
[15] S. Riyanto and A. A. Hatmawan, Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen, Yogyakarta: Deepublish, 2020.
[16] P. Burns, Corporate Entrepreneurship and Innovation, Dublin: Bloomsbury Publishing, 2020.
[17] Z. Labibah and S. Haksama, "Pengukuran Kinerja Tenaga Kesehatan Rumah Sakit berdasarkan Metode Malcolm Baldrige National Quality Award," Journal of Digital Business and Innovation Management, vol. 2, no. 1, pp. 61-74, 2023.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Yaqin, S. H., & Sukarno, I. (2024). PENGUKURAN KINERJA JASA FREIGHT FORWARDING MENGGUNAKAN METODE BALDRIGE EXCELLENCE FRAMEWORK: (STUDI KASUS: PT SEACON LOGISTIK). Matrik : Jurnal Manajemen Dan Teknik Industri Produksi, 25(1), 13–22. https://doi.org/10.30587/matrik.v25i1.7346

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.