PENGUKURAN KINERJA JASA FREIGHT FORWARDING MENGGUNAKAN METODE BALDRIGE EXCELLENCE FRAMEWORK
(STUDI KASUS: PT SEACON LOGISTIK)
Abstract
Departemen Booking and Documentation PT Seacon Logistik mengalami kesulitan dalam mengkoordinasikan karyawan dan melakukan evaluasi kinerja layanan jasa freight forwarding mereka ditengah kompleksitas operasional yang semakin meningkat dan persaingan global yang ketat. Melalui penggunaaan metode Baldrige Excellence Framework (BEF), penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja Departemen Booking and Documentation di PT Seacon Logistik. Selain itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi kriteria yang sudah berjalan dengan baik dan yang perlu diperbaiki. Dengan menggunakan Root Cause Analysis, penelitian ini juga membuat rekomendasi usulan untuk perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Seacon Logistik mencapai skor kinerja sebesar 83,579%, menempatkannya di posisi Benchmark Leader dan dikategorikan ke dalam kategori Excellent dalam pengukuran kinerja BEF. Kriteria manajemen proses memiliki kinerja terendah, menunjukkan bahwa ada ruang untuk perbaikan. Sementara itu, kriteria kepemimpinan mencapai kinerja tertinggi. Untuk meningkatkan kriteria manajemen proses, diperlukan penekanan pada pelatihan manajemen risiko, peningkatan kesadaran karyawan tentang kesehatan dan keselamatan kerja, dan penerapan pendekatan 5R untuk menciptakan tempat kerja yang lebih nyaman.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.