Analisis Pengaruh Temperatur dan Aroma Kopi Terhadap Jumlah Pelanggaran, Denyut Jantung dan Kelelahan Saat Menggunakan Driving Simulator

  • Yerico Franssugar Hutajulu Universitas Kristen Maranatha
  • Elty Sarvia Universitas Kristen Maranatha

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan suatu kejadian yang menyebabkan cedera, kerusakan, atau kerugian yang disebabkan oleh kendaraan di jalan raya. Kecelakaan lalu lintas dapat terjadi karena pengaruh kondisi jalan yang kurang baik, kondisi lingkungan di dalam mobil yang mengganggu konsentrasi pengemudi, dan kelalaian pengemudi. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi adanya pengaruh temperatur dan aroma yang digunakan saat mengemudi. Rancangan eksperimen yang dilakukan pada penelitian ini akan dilakukan menggunakan driving simulator dengan menjalankan game “City Car Driving”. Pada penelitian ini dilakukan pengambilan data dengan teknik purposive sampling, dimana dari 7 orang responden harus memenuhi syarat memiliki SIM A, pengalaman mengemudi minimal 1 tahun dan berada pada rentang usia 18 – 23 tahun. Data yang diambil berupa jumlah pelanggaran (melanggar marka jalan, melanggar lampu lalu lintas, dan menabrak), rata-rata denyut jantung dan skor SOFI. Pengambilan data dilakukan dalam 4 treatment berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa temperatur dan aroma kopi tidak mempengaruhi jumlah pelanggaran dan denyut jantung, namun temperatur mempengaruhi kelelahan pengemudi berdasarkan skor dari SOFI.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 30, 2023
How to Cite
HUTAJULU, Yerico Franssugar; SARVIA, Elty. Analisis Pengaruh Temperatur dan Aroma Kopi Terhadap Jumlah Pelanggaran, Denyut Jantung dan Kelelahan Saat Menggunakan Driving Simulator. Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 24, n. 1, p. 49 - 62, sep. 2023. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/5837>. Date accessed: 03 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v24i1.5837.
Section
Articles