Peningkatan Kemampuan Dosen Fakultas Teknik Melalui Analisis Keputusan Studi Lanjut Dengan Pertimbangan Risiko

Authors

  • Yudha Adi Kusuma Universitas PGRI Madiun
  • Dyan Hatining Ayu Sudarni Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.30587/matrik.v23i1.4045

Keywords:

Pengambilan Keputusan, Multi Atribute Decisiton Making (MADM), Manajemen Risiko

Abstract

Universitas XYZ Madiun memiliki salah satu fakultas yaitu Fakultas Teknik. Fakultas teknik masih tergolong baru di Perguruan Tinggi (PT) XYZ Madiun karena berdiri tahun 2017. Berdasarkan amanat UU No 20 tahun 2003, dosen memegang fungsi strategis sehingga Fakultas Teknik aktif mendorong bagi para dosennya melakukan studi lanjutan. Dosen di lingkup fakultas teknik rata-rata masih berpendidikan magister sehingga mempengaruhi terhadap hasil akreditasinya. Oleh karena itu perlu adanya upaya dalam pengambilan keputusan bagi dosen untuk melakukan studi lanjutan. Analisis Multi Attribute Decision Making (MADM) diperlukan dalam pengujian pengambilan keputusan. Hasil pengujian MADM terdapat 5 kriteria dan 76 % dari jumlah keseluruhan dosen berkeinginan melakukan studi lanjutan. Pada penelitian ini juga dilakukan analisis risiko saat pengambilan keputusan studi lanjutan. Hasil identifikasi risiko terdapat 12 indikator risiko. Penilaian risiko didapatkan 5 indikator yang memiliki nilai RPN tertinggi yaitu kesulitan memilih dosen pembimbing, kuliah dengan bekerja, lama w

References

[1] M. R. Asmawi, “Strategi Meningkatkan Lulusan Bermutu Di Perguruan Tinggi,” Makara, Sos. Hum., vol. 9, no. 2, pp. 66–71, 2005.
[2] D. P. Tampubolon, Perguruan Tinggi Bermutu : Paradigma Baru Manajemen Pendidikan tinggi Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001.
[3] Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.
[4] B. Sumardjoko, Membangun Budaya Pendidikan Mutu Perguruan Tinggi : Analisis Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010.
[5] A. R. Murniati and U. Nasir, Implementasi Manajemen Strategik. Bandung: Citra Pustaka Media Perintis, 2009.
[6] H. Drummond, Effective Decision Making: A Practical Guide for Management. London: Kogan Page Limited, 1993.
[7] E. F. Harrison, The Managerial Decision -Making Process. Boston: Houghton Miffin Company, 1992.
[8] I. H. Lee, J. W. Rojewski, and R. B. Hill, “Classifying Korean adolescents’ career preparedness,” Int. J. Educ. Vocat. Guid., vol. 13, no. 1, pp. 25–45, 2013.
[9] P. a. Creed, W. Patton, and D. Bartrum, “Internal and External Barriers , Cognitive Style , and the Career .,” J. Career Dev., vol. 30, no. 4, pp. 277–294, 2004.
[10] K. Sun, H. Wang, H. Peng, Y. Wu, G. Ma, and Z. Lei, “A Moderated Mediation Model of Planned Happenstance Skills, Career Engagement, Career Decision Selfefficacy, and Career Decision Certainty.,” Int. J. Electrochem. Sci., vol. 10, no. 3, pp. 2000–2013, 2015.
[11] Sadirman, Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
[12] P. Robert and E. Saar, “Learning and Working : The Impact of the ‘ Double Status Position ’ on the Labour Market Entry Process of Graduates in CEE Countries,” Eur. Sociol. Rev., vol. 28, no. 6, pp. 742–754, 2012.
[13] Suwarno, “Dampak Kuliah Sambil Bekerja Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta di Kabupaten Jember Tahun 2017,” J. Relasi, vol. XIV, no. 02, pp. 15–27, 2018.
[14] J. A. Lenaghan and K. Sengupta, “Role Conflict , Role Balance and Affect : A Model of Well-being of the Working Student,” Behav. Appl. Manag., vol. 9, no. 1, pp. 88–109, 2007.
[15] E. Mardelina and A. Muhson, “Mahasiswa Bekerja dan Dampaknya pada Aktivitas Belajar dan Prestasi Akademik,” J. Econ., vol. 2, pp. 201–209, 2017.
[16] H. Purwanto, N. Syah, and I. G. Rani, “Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa yang Bekerja dengan Tidak Bekerja Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP,” J. Civ. Eng. Vocat. Educ., vol. 1, pp. 34–42, 2013.
[17] Prayitno, Pengembangan Potensi Mahasiswa. Padang: UNP Press, 2007.
[18] W. Zhang, “Handover Decision Using Fuzzy MADM in Heterogeneous Networks,” IEEE Commun. Soc., pp. 653–658, 2004.
[19] H. Darmawi, Manajemen Risiko. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Kusuma, Y. A., & Sudarni, D. H. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Dosen Fakultas Teknik Melalui Analisis Keputusan Studi Lanjut Dengan Pertimbangan Risiko. Matrik : Jurnal Manajemen Dan Teknik Industri Produksi, 23(1), 57–64. https://doi.org/10.30587/matrik.v23i1.4045

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.