MANAJEMEN KUALITAS PADA SUPPLY CHAIN KEMASAN GELAS DI PT. IGLAS (PERSERO) SURABAYA
Abstract
Kualitas adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu industri di tengah persaingan. PT.Iglas (Persero) merupakan salah satu produsen kemasan gelas perlu memandang kualitas tidak hanya dari sisi produksi tetapi juga dari proses-proses lain dalam supply chainnya karena problem-problem kualitas tidak hanya terjadi pada proses produksi saja tetapi juga pada proses-proses lain dalam supply chain. Dengan konsep Supply Chain Quality Management (SCQM), masalah kualitas yang ada pada supply chain kemasan gelas di PT.Iglas (Persero) Surabaya akan diteliti dan dianalisa. Pada setiap stage supply chain diidentifikasi masalah kualitas yang terjadi, dari jenis cacat yang ditemukan kemudian dibuat pareto diagram untuk mengetahui cacat kritisnya dan cause effect diagram untuk mengidentifikasi penyebabnya. Selain itu penelitian juga bertujuan untuk mengetahui praktek manajemen kualitas perusahaan melalui framework yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian ini selain cacat-cacat yang terjadi pada stages supply chain kemasan gelas, juga menyajikan upaya-upaya perusahaan maupun bersama anggota supply chain lain untuk meningkatkan kualitas kemasan gelas, posisi perusahaan dalam tingkatan praktek manajemen kualitas dan usulan perbaikan untuk mengurangi jumlah cacat.