Seleksi Open Source Software ERP Yang Sesuai Dengan Karakter UMKM Indonesia

  • Muhammad Zainuddin Fathoni Universitas Muhammadiyah Gresik http://orcid.org/0000-0002-5930-1743
  • Bimo Sunarfri Hantono Universitas Gadjah Mada
  • Anna Maria Sri Asih Universitas Gadjah Mada
  • Muh. Arif Wibisono Universitas Gadjah Mada

Abstract

Kreatifitas dan inovasi dibutuhkan oleh setiap perusahaan dalam menjalankan kegiatan usahanya, setiap proses bisnis perlu dibuat lebih efektif dan efisien agar perusahaan tetap agile terhadap perubahan yang terjadi, salah satunya dengan melakukan integrasi data antar proses bisnis. Pendekatan yang populer untuk pengembangan sistem yang terintegrasi di seluruh perusahaan adalah penerapan sistem enterprise resource planning (ERP). Inovasi yang dilakukan diharapkan bisa menghasilkan manajemen organisasi yang lebih baik dalam kegiatan bisnis.


UMKM merupakan bidang usaha yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam memacu pertumbuhan ekonomi di Indonesia dikarenakan UMKM bisa menyerap banyak tenaga kerja. Sebagai bentuk usaha, UMKM juga dituntut untuk melakukan pengembangan di bidang desain dan teknologi. Penerapan ERP di UMKM tentunya perlu mempertimbangkan karakteristik dari UMKM itu sendiri. Saat ini banyak tersedia open source software ERP yang dapat menyesuaikan dengan kondisi UMKM, baik dari segi biaya implementasi sistem maupun infrastruktur IT pendukungnya.


Pemilihan three parties ERP yaitu software, implementation partner, dan application service provider perlu dilakukan dengan tepat. Kriteria dari setiap bagian tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi UMKM ketika mau mengimplementasikan ERP. Pemilihan yang tepat dari ketiga bagian tersebut dapat membantu kelangsungan kegiatan bisnis UMKM agar lebih efektif dan efisien. Dalam penelitian ini, dilakukan penyusunan kerangka pemilihan software ERP yang sesuai dengan karakter UMKM. Alat pendukung yang bisa digunakan untuk membuat keputusan adalah Analytic Hierarchy Process (AHP), yaitu alat yang digunakan untuk melakukan proses seleksi. Terdapat 18 kriteria yang bisa dijadikan variabel keputusan dan 5 alternatif pilihan open source ERP.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 31, 2022
How to Cite
FATHONI, Muhammad Zainuddin et al. Seleksi Open Source Software ERP Yang Sesuai Dengan Karakter UMKM Indonesia. Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 22, n. 2, p. 197 - 207, mar. 2022. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/3553>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v22i2.3553.
Section
Articles