Bauran Pemasaran PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA CARREFOUR GKB GRESIK

Authors

  • Iksan ST.MT Universitas Qomaruddin Gresik
  • Nailul Izzah Universitas Qomaruddin Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/matrik.v21i2.1663

Keywords:

Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian Konsumen

Abstract

Fenomena yang terjadi adalah ketidakstabilan penjualan di Carrefour GKB Gresik  Januari - Oktober 2019 dari 157.854.250 rupiah, menjadi 105.928.100 rupiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian Konsumen Pada Carrefour GKB Gresik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden yaitu seluruh konsumen yang sedang melakukan pembelian di Carrefour GKB Gresik. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert dengan jenjang 1 - 7. sample yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan rumus berneoulli dan didapatkan jumlah sebesar 100 responden.

Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (X) yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), saluran distribusi (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), dan bentuk fisik (X7) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) Pada Carrefour Ngagel Surabaya, yang akan diuji dengan menggunakan program SPSS 13.0. Dengan tingkat signifikansi 5%, didapatkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,176 +0,259 X1 -0,042 X2 + 0,123 X3 + 0,333 X4 + 0,045 X5 + 0,057 X6 + 0,198 X7 + e

Hasil pengujian memperlihatkan bahwa dengan menggunakan uji F didapatkan bahwa kualitas bauran pemasaran (X) yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), saluran distribusi (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), dan bentuk fisik (X7) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) Pada Carrefour GKB Gresik, sedangkan dengan menggunakan  uji t didapatkan bahwa bauran pemasaran (X) yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), saluran distribusi (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), dan bentuk fisik (X7) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) Pada Carrefour GKB Gresik. Harga (X2) memberikan pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) Pada Carrefour GKB Gresik

References

1. Amstrong, Michael. (2003). The Art of HRD: Strategic Human Resource Management a guide to Action Manajemen Stratejik Panduan Praktis Untuk Bertindak. (Alih Bahasa: Ati Cahyani). Jakarta: PT. Gramedia.
2. Danang Sunyoto. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: PT. Buku Seru. Endang Mulyatinigsih. (2013). Metodologi Penelitian Terapan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
3. Fandy Tjiptono. (2000). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI. Faustinus Condoso Gomes. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: ANDI.
4. Jay Hezer & Barry Render. (2006). Operation Managemen. (Alih Bahasa: Dwianoegrahwati Setyoningsih, Indra Almahdy). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
5. Kotler & Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. (Alih Bahasa: Bob Sabran, M.M). Jakarta: Penerbit Erlangga.
6. Moh. Nazir. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. Mudrajad Kuncoro. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis. Jakarta: Penerbit
7. Erlangga. Nana Herdiana Abdurrahman. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia. Ninik Setyorini. (2010). Pelaksanaan Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) di Rumah Makan Yogya Chicken. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.
8. Purnomo. (2007). Buku Seri Manajemen: Manajemen Strategi. Jakarta: Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
9. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (mixed methods). Bandung: Penerbit Alfabeta. Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.
10. Suryana. (2013). Kewirausahaan Kiat da Proses Menuju Sukses. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. Zeithaml, V. A., Bitner, M.J. & Gremler, D.D. (2006). Service Marketting (4th ed). New York: The MC Graww-Hill Companies, Inc.
11. Alma, Buchari, 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.
12. Choirul, Nafisa, Tri, 2013. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (Studi padaKonsumen Go-JekDi Surabaya).
13. Ghozali. I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS. EdisiKetujuh. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
14. Gitosudarmo, I. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, (Cetakan Keenam) BPFE,Yogyakarta.Hurriyati, R. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. CV.Alfabeta. Bandung.Kamaluddin, Rustian. 2003. Ekonomi Transportasi. Jakarta: Ghalia Indonesia
15. Kotler, P. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid Kesatu. PT. MacananJaya Cemerlang. Jakarta.
16. Kotler, P. dan G. Amstrong. 2008. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan Jilid Kesatu. PT. Indeks. Jakarta. Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2012.Principles of Marketing (Global Edition.14e). England: published by Pearson Education.
17. Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2013.Marketing Management (Pearson Horizon Edition, 14e). England: published by Pearson Education.
18. Lupiyoadi, Rambat dan A.Hamdani, 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2, Penerbit Salemba Empat : Jakarta.
19. Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Ketiga. Salemba Empat. Jakarta.Muhammad,
20. Amirullah, 2015, Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Graka Ilmu, Yogyakarta
21. Buchori, A., 2009. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alfa Beta. Bandung.
22. Budiarti, Winda. 2015. Tinjauan Hukum Pelaksanaan Pengangkutan Barang Melalui Layanan Go-Send Go-Jek Indonesia.
23. Ratih Hurriyati, (2005), Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung. Alfabeta Raya, Marta. 2013. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aldila Resto Di Semarang.Ryan,
24. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta. Bandung.
25. Sumarwan, U. 2009. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran.PT GhaliaIndonesia. Bogor.
26. Tandjung, W.J. 2008. Marketing Manajemen: Pendekatan Pada Nilai-nilai.Tjiptono. F dan G. Chandra. 2007. Service Quality and Satisfaction. Edisi 2. Andi. Yogyakarta.Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. CV. Andi Offset. Yogyakarta.
27. Tjiptono, F. 2009. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Penerbit Andi. Yogyakarta.Tri Martutik, Anik. 2010. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Pengguna Jasa CateringPada PT. Sonokembang Wahana Jaya Malang.
28. Zeithaml, VA. dan MJ. Bitner. 2007. Understanding Customer Expectations andPerpections Through Marketing Research. 2nd Edition. Irwin McGraw Hil
29. A.A.Prabu Mangkunegara, 2012. Prilaku Konsumen, Edisi Revisi PT. Refika Aditama, Bandung.
30. Certo Samuel dan Paul Peter, Strategic Management a Focus on Process, McGraw-Hill, Inc. Della Bitta J. Albert, Loudon L. David, 1993. Consumer Behaviour. 4th Edition, Mc Graw Hill International. Dharmesta, Swastha dan
31. Farida, Reference Guide, 2nd Edition, Scientific Software International, Inc., Chicago Kotler, Philip. 2014. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Edisi Keempatbelas. Edisi Bahasa Indonesia. PT. Prenhallindo. Jakarta.

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

ST.MT, I., & Izzah, N. (2021). Bauran Pemasaran PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA CARREFOUR GKB GRESIK. Matrik : Jurnal Manajemen Dan Teknik Industri Produksi, 21(2), 127–138. https://doi.org/10.30587/matrik.v21i2.1663

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.