ANALISIS STRATEGI MARKETING 7P PADA WISATA KULINER PANTAI SUKOLILO BARAT, LABANG

Authors

  • Isna Yatul Safitri Universitas Trunojoyo Madura
  • Abdur Rohman Universitas Trunojoyo Madura

Keywords:

marketing mix, destinasi wisata, kutai sukolilo barat, strategi pemasaran

Abstract

Wisata Kuliner Pantai (Kutai) Sukolilo Barat merupakan tempat wisata kuliner yang cocok didatangi oleh
berbagai kalangan usia. Wisata ini berlokasi di Dusun Jarat Lanjang, Sukolilo Barat, Kec. Labang, Kab. Bangkalan
dengan pemandangan matahari terbenam dan Jembatan Suramadu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
penerapan strategi marketing mix guna meningkatkan daya tarik bagi masyarakat luas. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka dengan analisis berbagai literatur dan sumber data sekunder
dalam marketing mix 7P (produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Hasil penelitian
menunjukkan kendala dalam produk dan aksesibilitas lokasi yang kurang memadai, sehingga sulit untuk dijangkau
oleh wisatawan, harga layanan yang relatif mahal, serta lingkunga yang kurang bersih. Elemen marketing mix
yang digunakan di Kutai Sukolilo Barat telah membantu meningkatkan visibilitas dan jumlah pengunjung.
Rekomendasi yang diberikan guna untuk meningkatkan strategi pemasaran, seperti peningkatan dalam segi
promosi digital, perbaikan infrastruktur dan penyesuaian harga untuk meningkatkan minat wisatawan. Dengan
adanya analisis ini, pengelola tempat wisata dapat memanfaatkan dan meningkatkan potensi sebagai bahan
pendukung pengembangan pariwisata lokal.

References

Agustin, N. S., & Syah, A. F. (2020). Analisis Perubahan Garis Pantai di Pulau Madura Mengginakan Citra Satelit Landsat 8. Juvenil:Jurnal Ilmiah Kelautan dan Perikanan, 1(3), 427–436. https://doi.org/10.21107/juvenil .v1i3.8843

Fadah, I., Vijonta, D. K., Sofianti, S. P. D., & Yuswanto, I. B. (2022). Analisis Strategi Bauran Pemasaran berdasarkan Prinsip Syariah (Studi Kasus: Meryva Shop di Kulonprogo, Yogyakarta). e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 9(1), 23.

https://doi.org/10.19184/ejeba. v9i1.29241

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., & Mouw, E. (t.t.). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Harahap, M.A., Dr. N. (2020). Penelitian Kualitatif (1 ed.). Medan: Wal Ashrti Publishing.

Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Pemasaran Strategi Meningkatkan Bauran Dalam Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis di Kaliwungu). Solusi, 19(1), 76–82. https://doi.org/10.26623/slsi.v1 9i1.3001

Ikmala, I. M., Mufidah, E., & Fibriyani, V. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Pengunjung Tempat Wisata Bee Jay Bakau Resort (BJBR) Kota Propolinggo. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 7(1), Inpress. https://doi.org/10.21107/jsmb.v 7i1.7485

Luthfi, A. F., & Gufron, M. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Apotek Panjerejo.

Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dalam perspektif Syariah. 2.

Nurhadi, N. (2019). Manajemen Strategi Pemasaran Bauran (Marketing Mix) Perspektif Ekonomi Syariah. Human Falah Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 6.

Waliya, I. (2023). Analisis Penerapan Bauran Pemasaran 7P (Marketing Mix) Pada Penjualan Produk Dalam Meningkatkan Pendapatan Di

Khadijah Galery Palembang. 1(2).

Yuniati, N. (2023). Analisis Marketing Mix Destinasi Wisata Borobudur. 2.

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Isna Yatul Safitri, & Rohman, A. (2025). ANALISIS STRATEGI MARKETING 7P PADA WISATA KULINER PANTAI SUKOLILO BARAT, LABANG. JUSTI (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri), 5(3), 350–354. Retrieved from https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/9924

Issue

Section

Articles