KAJIAN BIAYA PEMBANGUNAN STRUKTUR LAMBUNG KAPAL KAYU DENGAN BAHAN KAYU JATI DAN MAHONI
DOI:
https://doi.org/10.30587/justicb.v4i4.8155Keywords:
kapal kayu, kapal kayu tradisional, kayu jati, kayu mahoni.Abstract
Kapal perikanan adalah salah satu faktor penting dalam keberhasilan operasi penangkapan ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari proses pembuatan kapal kayu jati di galangan kapal tradisional. Metode yang digunakan adalah metode survei, yang dilaksanakan di galangan kapal tradisional di daerah Ngimbo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Penelitian ini berlangsung dari bulan Agustus 2022 hingga April 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapal kayu mahoni lebih ekonomis atau lebih murah dibandingkan dengan kapal kayu jati, dengan selisih harga yang cukup signifikan.Rp Rp.40.750,252. kapal kayu menggunakan kayu mahoni memiliki harga Rp.25.013,126 Peralatan yang digunakan masih bersifat manual, seperti kapak, gergaji, pahat, pasak, palu, golok, bacci, alat ukur, dan ketam. Hanya bor yang menggunakan tenaga listrik. Tingkat teknologi dalam pembuatan kapal kayu belum mencakup perhitungan arsitektur perkapalan serta gambar desain dan konstruksi kapal. Jenis kayu yang digunakan adalah kayu ulin, kayu alaban, bengkirai, bungur, dan meranti, yang memiliki kekuatan tinggi dan tahan terhadap serangan organisme laut.
Kata kunci : kapal kayu, kapal kayu tradisional, kayu jati, kayu mahoni.
References
Hadjib, N., Muslich, M., & Sumarni, G. (2006). SIFAT FISIS DAN MEKANIS KAYU JATI SUPER DAN JATI LOKAL DARI BEBERAPA DAERAH PENANAMAN (Physical and Mechanical Properties of Super and Local Teak Woods Originated from Several Plantation Areas ). Jurnal Penelitian Hasil Hutan, 24(4), 359–369.
Nasution, P., & Hutauruk, M. (2016). Analisis Konstruksi Kapal Nelayan Tradisional di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau Construction Analysis of Traditional Fishing Vessels in Bengkalis District , Riau Province. Jurnnal Perikanan Dan Kelautan, 21(1), 7–17.
Paputungan, H., Modaso, V. O. J., Pamikiran, R. D. C., Kaparang, F. E., Dien, H. V., Masengi, A. W. R., Mandagi, I. F., & Masengi, K. W. A. (2022). Studi tentang penggunaan bahan kayu pembuatan kapal ikan di galangan kapal Desa Pangi Kabupaten Bolaang Mongondow. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Perikanan Tangkap, 7(2), 93. https://doi.org/10.35800/jitpt.7.2.2022.41573
Pengembangan, U., Tectona, J., & Tenggara, N. (2006). USAHA PENGEMBANGAN JATI ( Tectona grandis L.f ). 1–5.
Raharja, Genta Bayu, et al. (2019). ANALISA TEKNIS DAN EKONOMIS PENGGUNAAN LAMINASI KAYU MAHONI DAN JATI SEBAGAI BAHAN KONSTRUKSI LAMBUNG KAPAL IKAN. 21(1), 10–20.
Rusmilyansari, R., Iriansyah, I., & Aminah, S. (2016). Pembangunan Kapal Perikanan Di Galangan Kapal Tradisional Kalimantan Selatan. Fish Scientiae, 4(8), 95. https://doi.org/10.20527/fs.v4i8.1122
Sari, R. A., Aprilia, R. M., Rizwan, R., Muhammad, M., & Kandi, O. (2021). Manajemen Galangan Kapal Perikanan di Desa Lampulo, Banda Aceh. Jurnal Kelautan Dan Perikanan Indonesia, 1(1), 24–29.
Triwahyuningsih, N. (2010). VARIABILITAS DIMESI SERAT KAYU MAHONI ( Swietenia macrophylla ( L .) Jacq ) BERDASAR UMUR PERTUMBUHAN DAN POSISI KETINGGIAN BATANG ( VARIABILITY OF MAHOGANY WOOD FIBER DIMENSION (Swietenia macrophylla ( L .) Jacq ) BASED ON AGE OF GROWTH AND POSITION OF. 1–9.
Zain, J. (2010). Studi Bahan dan Konstruksi Kapal Perikanan Jaring Insang di Kota Dumai, Propinsi Riau. Berkala Perikanan Terubuk, 38(1). https://terubuk.ejournal.unri.ac.id/index.php/JT/article/view/249