Analisis Perancangan Usaha Produk Gerobak Cepat Elpiji Untuk Peningkatan Produktivitas UMKM

Authors

  • Dwi Putri Fajar Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/justicb.v4i2.7184

Keywords:

UMKM, Elpiji, Gerobak, Cepat

Abstract

Usaha kecil dan menengah (UKM) memainkan peran penting dalam semua ekonomi di dunia, karena terkait dengan penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, kontribusi pada inovasi dan produk domestik bruto suatu negara. UMKM pada suatu daerah tentunya sudah mengeluarkan berbagai inovasi untuk dapat mengembangkan usahanya dan untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginan masyarakat. Pada penjual elpiji mereka menggunakan gerobak elpiji untuk mengantar elpiji ke rumah konsumen, namun proses pemindahan elpiji ke gerobak masih menggunakan tenaga manusia. kami melakukan perubahan desain pada gerobak yang sudah ada menjadi gerobak yang lebih optimal dan lebih baik, sehingga pengguna gerobak tersebut akan lebih mudah dalam pengambilan dan pemindahan tabung gas elpiji yang akan dibawa. Total luas area produksi yang di butuhkan dengan allowance 40% yaitu 206 m2. PT ISOLVE melakukan analisis kelayakan usaha dengan payback periode selama 1 tahun, Net Present Value bernilai positif yaitu Rp 769.175.150 yang berarti proyek dapat diterima, IRR Sebesar 17,40% dari MARR 16,40% yang berarti melebihi suku bunga maka proyek dapat diterima, Untuk BEP unit PT ISOLVE selama 0,8 tahun. Total estimasi pendapatan selama 1 tahun sebesar Rp 1.339.886.000 dengan menjual sebanyak 2.640 unit.

References

Bahren, B., Ramadhani, I., & Suroso, E. (2018).
Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk, Inovasi Proses, Inovasi Marketing dan Inovasi Organisasi untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(1), 8–18.
Efendi, J., Hidayat, K., & Faridz, R. (2019). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Kerupuk Mentah Potato Dan Kentang Keriting Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ).
Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, 18(2), 125–134.
https://doi.org/10.20961/performa.18.2.35 418
Gunawan, K. (2018). Peran Studi Kelayakan Bisnis Dalam Peningkatan UMKM. BISNIS, 6(2), 101–115.

Hasna, N. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Proses dan Inovasi Layanan Terhadap Kinerja UMKM. Febenefecium.
Sulaeman, Moh. M. (2019). Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan UMKM desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 16–22.
Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36–50. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.2658 8
Wahyu Oktavia, C., Suprata, F., Sutomo, & Prasetya, W. (2018). Sosialisasi Perbaikan Metode Kerja Untuk Menghindari Terjadinya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MADANI, 4(2), 92–96.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Fajar, D. P. (2024). Analisis Perancangan Usaha Produk Gerobak Cepat Elpiji Untuk Peningkatan Produktivitas UMKM. JUSTI (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri), 4(2), 238–250. https://doi.org/10.30587/justicb.v4i2.7184

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.