Systematic Literature Review : Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

  • Siska Andriani Universitas Muhammadiyah
  • Arissona Dia Indah Sari Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar matematika sangat perlukan diera globalisasi ini. Oleh karena itu, siswa memerlukan pendekatan pembelajaran yang dapat membantu agar kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar matematika dapat meningkat. Namun, menurut pandangan siswa matematika dianggap susah dan membosankan. Hal ini dapat dijadikan pertimbangan oleh guru agar memilih model pembelajaran yang sesuai agar menarik dan menyenangkan. Pendekatan yang sesuai adalah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Pendekatan ini membangun konsep matematika dengan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk menganalis studi terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan mereview artikel dalam kurun waktu 2019-2024. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 15 artikel yang sudah teridentifikasi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Matematics Education mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 24, 2024
How to Cite
ANDRIANI, Siska; SARI, Arissona Dia Indah. Systematic Literature Review : Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 8, n. 2, p. 153-163, dec. 2024. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/9035>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v8i2.9035.
Section
Articles