Systematic Literature Review : Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Siska Andriani Universitas Muhammadiyah
  • Arissona Dia Indah Sari Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v8i2.9035

Keywords:

Realistic Mathematics Education; Kemampuan berpikir kritis; Systematic Literature Review.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar matematika sangat perlukan diera globalisasi ini. Oleh karena itu, siswa memerlukan pendekatan pembelajaran yang dapat membantu agar kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar matematika dapat meningkat. Namun, menurut pandangan siswa matematika dianggap susah dan membosankan. Hal ini dapat dijadikan pertimbangan oleh guru agar memilih model pembelajaran yang sesuai agar menarik dan menyenangkan. Pendekatan yang sesuai adalah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Pendekatan ini membangun konsep matematika dengan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk menganalis studi terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan mereview artikel dalam kurun waktu 2019-2024. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 15 artikel yang sudah teridentifikasi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Matematics Education mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Andriani, S., & Sari, A. D. I. (2024). Systematic Literature Review : Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 8(2), 153–163. https://doi.org/10.30587/jtiee.v8i2.9035

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.