MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT MENGGUNAKAN MEDIA POTAKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN DERMO

Authors

  • Nur Halimatus Sa’diyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Arissona Dia Indah Sari Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1134

Keywords:

Bilangan Bulat, Kooperatif Tipe TGT, Media POTAKA.

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Terdiri dari dua siklus yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek yang dipilih oleh peneliti peserta didik kelas V SDN Dermo Benjeng Gresik, tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 15 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan, Pada siklus I observasi aktivitas peserta didik rata-rata 51,43%, dan pada siklus II menjadi 75,33%. Sedangkan hasil tes pemahaman konsep pada siklus I nilai rata-rata klasikal 53% dan pada siklus II nilai rata-rata 80%. Peningkatan terjadi karena adanya perbaikan pada siklus II dengan membuat pembelajaran lebih menarik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model kooperatif tipe TGT dan media POTAKA dapat meningkatkan pemahaman konsep pada Mata Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas V SDN Dermo materi Bilangan Bulat.

Downloads

Published

2020-01-08

How to Cite

Sa’diyah, N. H., & Sari, A. D. I. (2020). MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT MENGGUNAKAN MEDIA POTAKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN DERMO. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 80–89. https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1134

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.