Analaisis Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Pada Kelas Tinggi di SDN Petir 4 Kota Tangerang

  • Danar Abwandi Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ina Magdalena
  • Erdhita Oktrifianty

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Gerakan Literasi Sekolah di SDN Petir 4 Kota Tangerang masih pada tahap pembiasaan yaitu melalui kegiatan membaca dalam hati selama kurang lebih 15 menit sebelum pembelajaran untuk kelas tinggi, menyediakan fasilitas ruang pojok baca. Dalam penerapan Gerakan Literasi Sekolah ini masih terdapat beberapa kendala diantaranya yaitu, masih kurangnya buku bacaan, kurangnya minat membaca siswa, guru belum sepenuhnya menjalankan kegiatan ini dan kurangnya pembinaan dari pihak dinas pendidikan setempat tentang Gerakan Literasi Sekolah ini. Sedangkan upaya-upaya untuk mengatasi kendala selama penerapan Gerakan Literasi Sekolah yaitu mengupayakan pemenuhan buku bacaan dan fasilitas perpustakaan dengan mengalokasikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), SDN Petir 4 membebaskan siswa untuk memilih kapan saja siswa mau membaca dan SDN Petir 4 dalam rangka membenahi kualitas pelaksanaan GLS dengan cara berdiskusi serta bekerjasama dengan sekolah lain atau ke sekolah yang juga menjadi sekolah rujukan GLS.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 16, 2024
How to Cite
ABWANDI, Danar; MAGDALENA, Ina; OKTRIFIANTY, Erdhita. Analaisis Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Pada Kelas Tinggi di SDN Petir 4 Kota Tangerang. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 66-72, aug. 2024. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/8251>. Date accessed: 19 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v8i1.8251.
Section
Articles