PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS 4 SD

  • Rima Yusi Christian
  • Mawardi Mawardi
  • Suhandi Astuti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model STAD dan TGT siswa kelas 4 SD di Gugus Sudirman Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik didik kelas 4 SDN Kutowinangun 01 sebagai Sekolah Inti dengan jumlah 32 peserta didik, SDN Kutowinangun 11 sebagai Sekolah Imbas dengan jumlah 20 peserta didik, dan SD Kristen 03 sebagai Sekolah jauh dari Imbas dengan jumlah 46 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah instrument soal, teknik analisis yang dipakai yaitu menggunakan aplikasi SPSS 20 for windows. Hasil uji T menunjukkan temuan bahwa T hitung sebesar 2,584 dan nilai signifikasi sebesar (2-tailed) 0,011 dan sig. (1-tailed) 0,0055. Nilai probablilitas sebesar 0,0055 ini < α 0,05, oleh karena itu makan H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian bahwa model STAD ebih tinggi secara signifikan dibandingkan model TGT. Selain hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa Ho ditolak, hasil rata-rata nilai posttest eksperimen 1 lebih tinggi dari hasil rata-rata nilai posttest eksperimen 2 mendukung hasil uji hipotesis yang menyatakan ada perbedaan hasil belajar yang signifikan. Data komparasi rata-rata nilai posttest eksperimen 1 adalah 80,00 sedangkan rata-rata nilai posttest eksperimen 2 adalah 74,18.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 3, 2018
How to Cite
YUSI CHRISTIAN, Rima; MAWARDI, Mawardi; ASTUTI, Suhandi. PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS 4 SD. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 75-84, may 2018. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/358>. Date accessed: 06 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v2i1.358.
Section
Articles