PENERAPAN METODE SUKU KATA (SYILLABIC METHOD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA KELAS 1 SDN KALIWATES
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas 1 SDN Kaliwates Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan lembar tes membaca permulaan, dokumen penelitian dengan mengumpulkan data-data tertulis dan daftar nilai format, catatan pengumpulan data ini untuk mengetahui tentang tingkat keterampilan membaca pada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian 2 siklus peserta didik mengalami peningkatan hingga rata-rata 83%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan suku kata dalam proses pembelajaran membaca terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik, Peningkatan itu terjadi sejak diterapkannya metode suku kata dalam proses pembelajaran dalam mengajarkan membaca permulaan kepada peserta didik kelas I SD