PENERAPAN METODE SUKU KATA (SYILLABIC METHOD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA KELAS 1 SDN KALIWATES

  • Fitayatul Hidiyah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik  kelas 1 SDN Kaliwates Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan lembar tes membaca permulaan, dokumen penelitian dengan mengumpulkan data-data tertulis dan daftar nilai format, catatan pengumpulan data ini untuk mengetahui tentang tingkat keterampilan membaca pada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian 2 siklus peserta didik mengalami peningkatan hingga rata-rata 83%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan suku kata dalam proses pembelajaran membaca terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik, Peningkatan itu terjadi sejak diterapkannya metode suku kata dalam proses pembelajaran dalam mengajarkan membaca permulaan kepada peserta didik kelas I SD

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 10, 2022
How to Cite
HIDIYAH, Fitayatul. PENERAPAN METODE SUKU KATA (SYILLABIC METHOD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA KELAS 1 SDN KALIWATES. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 114-127, jan. 2022. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/3537>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v5i2.3537.
Section
Articles