IMPLEMENTASI GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE DALAM PEMBUATAN GAME BUANA RUH
DOI:
https://doi.org/10.30587/indexia.v5i01.5215Keywords:
Game, Game Development Life CycleAbstract
Implementasi dari Game Development Life Cycle (GDLC) dalam pembuatan game Buana Ruh adalah proses yang menggunakan metode yang terstruktur dan teratur dalam pembuatan game. GDLC terdiri dari beberapa tahap, seperti tahap inisialisasi, pra-produksi, produksi dan rilis aplikasi. Pada tahap inisialisasi, tim pengembang akan merencanakan konsep, gameplay, dan fitur yang akan digunakan dalam game. Pada tahap pra-produksi, tim pengembang akan menyiapkan konten visual dan audio serta menguji prototipe game. Pada tahap produksi, tim pengembang akan mengeksekusi rencana dan membuat konten yang dibutuhkan. Pada tahap produksi, tim pengembang akan melakukan pengujian dan debugging serta melakukan perbaikan yang dibutuhkan sebelum game diluncurkan. Dengan mengimplementasikan GDLC dalam pembuatan game Buana Ruh, diharapkan akan meningkatkan kualitas dan efisiensi dalam pembuatan game.
References
[2] F. D. Sibuea, “Penggunaan Kecerdasan Buatan pada Aplikasi Pengobatan Jarak Jauh,” 2021.
[3] H. S. Arfajsyah, I. Permana, and F. N. Salisah, “Sistem Pakar Berbasis Android Untuk Diagnosa Penyakit Gigi Dan Mulut,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 4, no. 2, p. 110, 2018, doi: 10.24014/rmsi.v4i2.5678.
[4] M. A. P. Subali and C. Fatichah, “Kombinasi Metode Rule-Based dan N-Gram Stemming untuk Mengenali Stemmer Bahasa Bali,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 2, p. 219, 2019, doi: 10.25126/jtiik.2019621105.
[5] Y. Fauziyah, R. Ilyas, and F. Kasyidi, “Mesin Penterjemah Bahasa Indonesia-Bahasa Sunda Menggunakan Recurrent Neural Networks,” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 2, p. 313, 2022, doi: 10.33365/jti.v16i2.1930.
[6] N. N. Choiriyah, F. N. Putra, and T. A. Mubarok, “Rancang Bangun Game Edukasi Berbasis Mobile sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode Game Development Life Cycle untuk Siswa Sekolah Dasar,” Ilk. J. Comput. Sci. Appl. Informatics, vol. 4, no. 1, pp. 93–103, 2022, doi: 10.28926/ilkomnika.v4i1.433.