Pelatihan Pembelajaran Interaktif untuk Pelaksana Kelas Persiapan Pernikahan di Kecamatan Sambi Boyolali
DOI:
https://doi.org/10.30587/ijcdh.v3i02.4956Keywords:
Kelas Persiapan Pernikahan, PelatihanAbstract
Kasus perceraian di Indonesia masih mengalami peningkatan dalam lima tahun terakhir. Pada tahun 2020, BPS mencatat persentase perceraian mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, yaitu 4,7 juta pasangan. Sedangkan menurut data Dirjen Dukcapil, data cerai hidup hingga pertengahan tahun 2021 mencapai 3,97 juta pasangan. Tingginya angka perceraian tersebut disebabkan oleh banyak faktor seperti masalah ekonomi, isu kesetiaan, termasuk ketidaksiapan membina rumah tangga. Sebagian besar calon pengantin di Indonesia menikah tanpa membekali diri dengan pengetahuan yang cukup tentang pernikahan. Kementerian Agama terus berupaya menekan angka perceraian dengan mewajibkan calon pengantin untuk mengikuti kelas persiapan pernikahan sebagai syarat mendaftarkan pernikahan. Di Kecamatan Sambi, kelas persiapan pernikahan dilaksanakan oleh Puskesmas dan KUA. Metode yang selalu digunakan dalam kelas persiapan pernikahan adalah ceramah sehingga peserta cenderung bosan dan kurang bersemangat. Sedangkan, agar tujuan pendidikan kesehatan dapat optimal, diperlukan metode yang dapat melibatkan sebanyak mungkin indera. Untuk itu, perlu dilakukan Pelatihan Metode Pembelajaran Interaktif dengan Kartu Permainan untuk Pelaksana Kelas Persiapan Pernikahan di Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan kemampuan Pelaksana Kelas Persiapan Pernikahan dalam menyampaikan materi di Kelas Persiapan Pernikahan. Setelah mengikuti pelatihan, para pelaksana Kelas Persiapan Pernikahan berkomitmen untuk menerapkan metode pembelajaran interaktif yang telah dipelajari.
Kata Kunci: Kelas Persiapan Pernikahan, Pelatihan
References
2. Kemenag Jateng. (n.d.). Bimbingan Perkawinan sebagai Upaya Cegah Perceraian. Retrieved January 24, 2022, from https://jateng.kemenag.go.id/2017/11/bimbingan-perkawinan-sebagai-upaya-menekan-angka-perceraian/
3. Paratmanitya, Y., Hadi, H., & Susetyowati. (2012). Citra Tubuh, Asupan Makan, dan Status Gizi Wanita Usia Subur Pranikah. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 8(3), 126–134.
4. Mutiara, P. (2019, December 10). Bimbingan Pranikah Cegah Lahirnya Keluarga Miskin Baru. https://www.kemenkopmk.go.id/bimbingan-pranikah-cegah-lahirnya-keluarga-miskin-baru
5. Astuti, N. A. R. (2019, November 17). Dukung Kursus Pranikah, MUI: Jangankan Tahun Depan, Sekarang Juga Boleh. https://news.detik.com/berita/d-4787569/dukung-kursus-pranikah-mui-jangankan-tahun-depan-sekarang-juga-boleh/1
6. Permana, E. (2019, November 15). Indonesia Siapkan Program Khusus Pranikah untuk Calon Pengantin. https://www.aa.com.tr/id/nasional/indonesia-siapkan-program-kursus-pranikah-untuk-calon-pengantin-/1646157
7. Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Card dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744
8. Hartati, A. T., Syamswisna, & Wahyuni, E. S. (2018). Kelayakan Flash Card Submateri Manfaat Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Kabupaten Landak.
9. Rizki, F. A. N., & Hidayat, S. (2018). Kartala Card Game Design for Education Media of Lampungnese Script. 5th Bandung Creative Movement International Conference on Creative Industries 2018, 222–225. https://www.atlantis-press.com/proceedings/bcm-18/125910937
10. Rohmatin, D. N., & Indana, S. (2017). Pengembangan Flashcard pada Sistem Gerak Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP. Pensa E-Journal: Pendidikan Sains, 5(3), 303–307. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/20955
11. Mariati, Anderson, J., Yussyca, & Angela, S. J. (2022). Elemen Visual pada Infografis: Studi Infografis Karya Mahasiswa Mata Kuliah Identitas Merek. Seri Seminar Nasional Universitas Tarumanagara, 103–110.
12. Giorgdze, M., & Dgebuadze, M. (2017). Interactive Teaching Methods: Challenges and Perspectives. International E-Journal of Advances in Education, 3(9), 544–548. http://ijaedu.ocerintjournals.org/en/download/article-file/390165
13. Fitriani, H., Imanda, R., Rahmi, A., & Murmalinda, S. (2021). The Development of Flashcard Learning Media Based on Make a Match on Colloid. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(5), 373–379. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i5.6069