Hubungan Tingkat Stres Dengan Durasi Waktu Bermain Gim Online Pada Remaja Di Sekolah Menengah Atas Kota Banda Aceh

  • Syarifah Masthura Prodi Keperawatan Universitas Syiah Kuala Aceh
  • Budi Satria universitas syiah kuala
  • Maulina Maulina universitas syiah kuala

Abstract

Stres merupakan  salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh remaja saat ini.  Remaja mengalami stres tersebut diakibatkan adanya tekanan akademik, sosial, dan emosional, sehingga mereka mengalihkan stres tersebut dengan bermain gim online. Bermain gim online yang terlalu lama menyebabkan kecanduan dan  mengganggu kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan durasi waktu bermain gim online pada  remaja SMA.  Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelatif menggunakan  pendekatan cross sectional study. Jumlah  populasi 160 siswa dan jumlah sampel 114 siswa yang dipilih berdasarkan teknik proportional sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner tingkat stres Perceived Stress Scale (Pss-10). Data dianalisis menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres pada kategori sedang sebanyak 78 responden (68,4%) dan durasi waktu bermain gim online kategori berlebihan sebanyak 69 responden (60,5%) dengan p-value=0,001 . Hubungan tersebut menunjukkan bahwa tingkat stres bisa mempengaruhi durasi bermain gim online. Diharapkan kepada instansi pendidikan untuk  melakukan skrining melalui kuesioner tingkat stres pada remaja yang bermain gim online dan memberikan edukasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 19, 2025
How to Cite
MASTHURA, Syarifah; SATRIA, Budi; MAULINA, Maulina. Hubungan Tingkat Stres Dengan Durasi Waktu Bermain Gim Online Pada Remaja Di Sekolah Menengah Atas Kota Banda Aceh. Indonesian Journal of Professional Nursing, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 150-158, jan. 2025. ISSN 2747-156X. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijpn/article/view/9088>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ijpn.v5i2.9088.
Section
Articles