Hubungan Tingkat Stres Dengan Durasi Waktu Bermain Gim Online Pada Remaja Di Sekolah Menengah Atas Kota Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.30587/ijpn.v5i2.9088Keywords:
Tingkat Stres, Durasi, Remaja, Perceived Stress ScaleAbstract
Stres merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh remaja saat ini. Remaja mengalami stres tersebut diakibatkan adanya tekanan akademik, sosial, dan emosional, sehingga mereka mengalihkan stres tersebut dengan bermain gim online. Bermain gim online yang terlalu lama menyebabkan kecanduan dan mengganggu kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan durasi waktu bermain gim online pada remaja SMA. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelatif menggunakan pendekatan cross sectional study. Jumlah populasi 160 siswa dan jumlah sampel 114 siswa yang dipilih berdasarkan teknik proportional sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner tingkat stres Perceived Stress Scale (Pss-10). Data dianalisis menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres pada kategori sedang sebanyak 78 responden (68,4%) dan durasi waktu bermain gim online kategori berlebihan sebanyak 69 responden (60,5%) dengan p-value=0,001 . Hubungan tersebut menunjukkan bahwa tingkat stres bisa mempengaruhi durasi bermain gim online. Diharapkan kepada instansi pendidikan untuk melakukan skrining melalui kuesioner tingkat stres pada remaja yang bermain gim online dan memberikan edukasi.
References
Azmy, Amy Noerul, Achmad Juntika Nurihsan, Yudha, and Eka Sakti. 2017. “Deskripsi Gejala Stres Akademik Dan Kecenderungan Pilihan Strategi Koping Siswa Berbakat Amy Noerul Azmy 1 , Achmad Juntika Nurihsan 2 , Dan Eka Sakti Yudha 2.” Indonesian Journal of Educational Counseling 1:197–208.
Blasi, Maria D. I., Alessandro Giardina, Cecilia Giordano, Gianluca L. O. Coco, Crispino Tosto, Joel Billieux, and Adriano Schimmenti. 2019. “Problematic Video Game Use as an Emotional Coping Strategy : Evidence from a Sample of MMORPG Gamers.” Journal of Behavioral Addictions 8(1):25–34. doi: 10.1556/2006.8.2019.02.
Chamarro, Andrés, Ursula Oberst, Ramón Cladellas, and Héctor Fuster. 2020. “Effect of the Frustration of Psychological Needs on Addictive Behaviors in Mobile Videogamers—The Mediating Role of Use Expectancies and Time Spent Gaming.” International Journal of Environmental Research and Public Health 17(17):1–16. doi: 10.3390/ijerph17176429.
Fitriani, Livia, Zulia Putri Perdani, and Yanti Riyantini. 2020. “Hubungan Tingkat Stres Remaja Dengan Kemampuan Beradaptasi Di Pondok Pesantren Kota Tangerang.” Jurnal Kesehatan Pertiwi 2(1):125–28.
Gabut, Gregorius, Maria Getrida Simon, and Lusia Henny Mariati. 2023. “The Relationship Between Online Game Addiction And Stress Levels In Adolescents At Sma Karya Ruteng.” Seminar Internasional: Scope Of Practice Of Nursing And Midwifery 1(1):24–33.
Gaper, Ivonne, Dewi Fitriani, Marlina, Maria Terok, Herman J. Warouw, Sjenny Olga Tuju, Faradilla Miftah Suranata, Ellen Pesak S, Dorce Sisfiani Sarimin, Tati Setyawati Ponidjan, Nelfa Fitria Takahepis, Esther N. Tamunu, Ainil Yusra, Marice Benga Olla, Djoni Ransun, and Maykel A. Kiling. 2024. Bunga Rampai Konsep Dan Teori Keperawatan. Media Pustaka Indonesia.
Hati, Windha Ellyana Kusuma, Anjar Nurrohmah, and Norman Wijaya Gati. 2021. “Gambaran Tingkat Stres Pada Remaja Yang Bermain Game Online Di Desa Kentong Kecamatan Cepu.” Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing 2:6–11.
Hidayanti, Dewi, Betie Febriana, and Wahyu Endang Setyowati. 2023. “HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA.” Jurnal Ilmiah Sultan Agung 393–401.
Masjedi, Khesht, Mahnaz F., Shokrgozar, Somayeh, Abdollahi, Elahe, Habibi, Bahareh, Asghari, Tahereh, Reyhaneh Saber Ofoghi, and Sabra Pazhooman. 2019. “The Relationship between Gender, Age, Anxiety, Depression, and Academic Achievement among Teenagers.” Journal of Family Medicine and Primary Care 6(2):169–70. doi: 10.4103/jfmpc.jfmpc.
Mousikou, Maria, and Nicos Skordis. 2023. “Stress and Growth in Children and Adolescents.” Hormone Research in Paediatrics 25–33. doi: 10.1159/000521074.
OECD. 2017. “PISA 2015 Results : Students’Well-Being.” OECD Publishing, Paris III:1–30.
Paremeswara, Marsanda Claudia, and Triana Lestari. 2021. “Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Emosi Dan Sosial Anak Sekolah Dasar.” 5(1):1473–81.
Pontes, Halley M., Hans Jürgen Rumpf, Špela Selak, and Christian Montag. 2024. “Investigating the Interplay between Gaming Disorder and Functional Impairments in Professional Esports Gaming.” Scientific Reports 1–9. doi: 10.1038/s41598-024-56358-x.
Rahmawati, Mega Nur, Slamet Rohaedi, and Sri Sumartini. 2019. “Tingkat Stres Dan Indikator Stres Pada Remaja Yang Melakukan Pernikahan Dini.” Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia 5:25–33. doi: 10.17509/jpki.v5i1.11180.
Ridoi, Mokhammad. 2018. Cara Mudah Membuat Game Edukasi Dengan Construct 2.
Roberts, Andrea G., and Nestor L. Lopez-duran. 2019. “Developmental in Fl Uences on Stress Response Systems : Implications for Psychopathology Vulnerability in Adolescence.” Comprehensive Psychiatry 88:9–21. doi: 10.1016/j.comppsych.2018.10.008.
Satria, Budi, Mustanir, Rina Suryani Oktari, Marthoenis, Juanita, and Maulina. 2024. “The Relationship between Emotional Intelligence and Internet Game Addiction among Adolescents in Aceh Indonesia.” Journal of the Liaquat University of Medical and Health Sciences 23(1):7–11. doi: 10.22442/jlumhs.2024.01118.
Sidjabat, Forman Novrindo, and Muhammad Yudha Tiesnady. 2023. “Hubungan Tingkat Stress Dengan Kecanduan Game Online Pada Remaja Umur 15 – 24 Tahun Di Kota Kediri Fakultas Teknologi Dan Manajemen , Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri , Kota Kediri , Indonesia Fakultas Teknologi Dan Manajemen , Institut Ilmu K.” Jurnal Multidisiplin Ilmu 2(4):239–45.
Suralaga, Cholisah, Diana Emi Misgiati, and Andi Mayasari Usman. 2023. “Hubungan Lama Bermain Game Online Dengan Tingkat Stres Dan Kualitas Tidur Pada Remaja.” Jurnal Penelitian Perawatan Profesional 5(1):269–80.
Wang, Grace Y., Dovile Simkute, and Inga Griskova-Bulanova. 2023. “Neurobiological Link between Stress and Gaming: A Scoping Review.” Journal of Clinical Medicine 12(9). doi: 10.3390/jcm12093113.
Widiyawati, Wiwik, and Yuni Afifah. 2021. “FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA DI ERA PEMBELAJARAN VIRTUAL MASA PANDEMI COVID 19 Factors Related To Stress Level Of Students Faculty Of Health , In The Era Of Virtual Learning In The Pandemic Covid-19.” IJPN 2(2)