Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun

  • Dini Setiarsih Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Ratna Sari Sikes Insan Se Agung Bangkalan

Abstract

Pengasuhan atau orang tua akan memberikan perlakuan yang berbeda-beda. Sikap dan perlakuan orang tua pada anaknya yang kemudian menjadikan kebiasaan pula bagi anak-anaknya. Hal ini juga akan berpengaruh pada perkembangan anak. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan pola asuh orang tua  dengan perkembangan sosial anak prasekolah usia 4-6 tahun di TK Nurul Ulum Bangkalan.


Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain penelitian cross sectional. Populasinya adalah semua ibu di TK Nurul Ulum dengan anak usia 4 – 6 tahun sebanyak 60 orang dan sampelnya sebanyak 56 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Variabel independen yaitu pola asuh ibu terhadap anak sedangkan variabel dependen yaitu perkembangan sosial anak. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan Uji Statistic Lambda.


Hasil penelitian menunjukkan persentase terbesar orang tua anak di TK Nurul Ulum menerapkan pola asuh permisif yaitu sebayak 20 orang (35,7%) sedangkan perkembangan sosial anak dengan persentase terbesar memiliki perkembangan yang baik yaitu sebanyak 27 anak (48,2%). Hasil uji statistik Lambda menunjukkan ada hubungan bermakna antara pola asuh orang tua terhadap anak dengan perkembangan sosial anak prasekolah usia 4 – 6 tahun di TK Nurul Ulum Bangkalan (p = 0.019 < α = 0.05).


Setiap orang tua memiliki cara tersendiri untuk mendidik anaknya, namun pola asuh yang tepat sangat diperlukan untuk proses perkembangan anak. Sehingga diharapkan untuk para orang tua memiliki pengetahuan tentang pola asuh yang tepat untuk anaknya, dan mengaplikasikan pola asuh yang sesuai dengan umur anak, tanpa melupakan hak dan keinginan anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 30, 2021
How to Cite
SETIARSIH, Dini; SARI, Ratna. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun. Indonesian Journal of Professional Nursing, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 61 - 70, sep. 2021. ISSN 2747-156X. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijpn/article/view/3090>. Date accessed: 02 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ijpn.v2i1.3090.
Section
Articles