Implementasi Integrasi Kurikulum Cambridge dan Kurikulum Nasional di Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Kurikulum memiliki kedudukan sentral dalam tercapainya suatu tujuan pendidikan. Kurikulum memberikan arah dan pedoman sebagai rambu-rambu dalam menjalankan proses pembelajaran. Di Indonesia, beberapa sekolah telah menggunakan kurikulum internasional untuk meningkatkan mutu dan kualitas sekolah serta menyiapkan siswa agar bisa bersaing secara global. Salah satunya adalah SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik yang telah menggunakan kurikulum Cambridge dan kurikulum nasional. Dalam pengimplementasian, sekolah melakukan integrasi kedua kurikulum tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses implementasi integrasi kurikulum Cambridge dan kurikulum nasional serta mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode fenomenologi berdasarkan pengalaman subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah wakil kepala bidang pengembangan pendidikan, 4 guru mata pelajaran dan 10 siswa ICP. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan keakuratan data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan implementasi integrasi kurikulum Cambridge dan kurikulum nasional dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan matang sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran berpusat pada siswa dan dapat meningkatkan kreativitas dan berpikir kritis serta mampu berdaya saing global. Di sisi lain, pengimplementasian integrasi kurikulum ini memiliki kelemahan pada siswa yang kesulitan dalam memahami materi berbahasa inggris, terutama pada mata pelajaran Mathematics dan Science.